Sejarah Tentang Mixer Roti

sinici

New member
mixer roti awal mula kali dibuat, dan siapa penemunya namun alat tersebut kini sudah meluas dipakai banyak pengusaha roti dan dijual di toko-toko mesin dan dibuat masal di perusahaan mesin ukm yang terkenal, mixer dipakai oleh para pengusaha roti untuk memudahkan pekerjaan mencampur bahan-bahan pembuat roti hingga menjadi adonan dalam waktu singkat, yang tentunya mempercepat pembuatan roti dalam waktu singkat, bahkan kini mixer dipakai banyak ibu rumah tangga untuk mengaduk adonan dalam pembuatan banyak kue, jadi penggunaannya sudah sangat meluas, mari simak sekilas tentang sejarah mixer pertama kali dibuat:

mixer-roti-15-L.jpg

Mesin mixer roti pertama kali terpikirkan untuk dibuat pada tahun 1908, pada awalnya mesin mixer ini tercipta karena pemikiran dari seorang insinyur cerdas bernama Herbert Johnson. Dia merupakan seorang insinyur yang bekerja dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Lalu bagaimana cara dia menemukan atau mendapatkan inspirasi untuk membuat mesin pengaduk bahan roti yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih praktis ini? Pada awalnya dia melihat seseorang pada saat proses pembuatan roti secara manual. Yaitu dengan mengaduk bahan roti dengan sendok logam yang tentu sangat membuat tenaga terkuras habis. Apalagi jika itu merupakan sebuah pabrik yang harus mengejar omset yang besar dalam satu hari. Dibutuhkan tenaga yang sangat besar untuk melakukan proses produksi kue secara manual. Lalu insinyur herbert merumuskan dan mencoba membuat mesin pengaduk bahan roti atau biasa yang disebut mixer ini bersama dengan dibantu oleh rekan mekaniknya.

Lalu setelah tujuh tahun berlalu, tepatnya pada tahun 1915. Insinyur Herbert Johnson beserta rekan mekaniknya berhasil membuat mesin pengaduk bahan pembuat roti ini dengan kapasitas adonan yang lumayan besar yaitu 80 liter dalam satu kali proses pengadukan. Dan pada waktu itu mesin tersebut langsung diperkenalkan sebagai mesin pembuat roti di perusahaan-perusahaan berskala sedang. Namun jika mesin tersebut hanya dibuat untuk perusahaan, bagaimana jika ada seseorang yang ingin membuat kue atau roti secara pribadi dirumahnya. Karena kebutuhan inilah sang insinyur berusaha untuk membuat mesin pengaduk roti ini untuk orang rumahan. Tentunya dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Kemudian setelah beberapa tahun berikutnya atau lebih tepatnya pada tahun 1919, insinyur Herbert memperkenalkan The KitchenAid Food Prepare (stand mixer) untuk pembuatan kue dengan mesin mixer roti yang dapat berdiri dengan sendirinya dan bisa dilakukan dirumah sehingga anda dapat bebas dari rasa pegal.
 
Back
Top