Bersihkan Dapur Tempat Kuman Bersarang

Grya

New member
Tahukah Anda bahwa dapur biasanya merupakan ruang yang paling kotor dan paling banyak terdapat kuman dibandingkan dengan ruang lainnya di dalam rumah? Ya, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan kamar mandi dan toilet! Hal ini dikarenakan bahan-bahan makanan yang mentah, sisa makanan yang membusuk dan sisa minyak pengorengan yang lekat sering kali tidak diperhatikan dan dibersihkan dengan baik. Oleh sebab itu kebersihan dapur menjadi awal sumber kesehatan bagi seluruh anggota keluarga

5 titik yang harus diperhatikan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dapur adalah kompor, kulkas, wastafel, sponge dan sudut-sudut kabinet. Tips untuk membersihkan dapur secara maksimal dapat dibaca selanjutnya di Gyra:
 
Last edited by a moderator:
Saya bantu menampilkan artikelnya

Dari keseluruhan ruangan di dalam rumah, dapur adalah ruangan yang paling rentan kotor dan bibit penyakit. Aktivitas masak-memasak, perabot bekas makanan, area cuci piring, tempat sampah, dan sebagainya, merupakan tempat yang biasanya menjadi sarang kuman.

Idealnya Anda memang diharuskan untuk membersihkan ruangan ini lebih intens dibanding ruangan yang lainnya di dalam rumah, namun terdapat beberapa sudut utama dapur yang paling wajib disterilkan setiap saat:

Kompor

Kompor merupakan perabot utama dapur yang mempunyai peran paling fungsional dibanding perabot lainnya. Sebagai alat untuk mengolah makanan, entah itu menggoreng, merebus, menghangatkan, mengkukus, memasak air, menyangrai, memanggang, dan sebagainya, kompor praktis menjadi alat yang paling sering digunakan dan tersentuh oleh berbagai macam bahan makanan. Oleh karena itu, resiko untuk berkembang menjadi sarang kuman pun lebih besar mengingat noda-noda bekas makanan menempel di alat ini.

Pintu Lemari Es

Lemari es di dapur juga termasuk alat yang paling sering disentuh dan dibuka-tutup. Setiap harinya, hampir seluruh anggota keluarga menyentuh atau memegang pegangan pintu lemari es untuk membukanya. Baik dengan tangan yang bersih ataupun kotor, pegangan pintu lemari es lama-kelamaan akan kotor. Sementara, berdasarkan beberapa penelitian, segala macam pegangan/handle adalah spot paling berpeluang untuk kuman bersarang di dalamnya, bahkan kadar kumannya lebih dari toilet.

Kran dan Wastafel

Tempat ini mudah dijadikan sarang kuman karena kondisinya yang selalu lembab, basah, dan sering bersentuhan dengan tangan atau alat-alat masak yang kotor. Belum lagi, lubang pembuangan air di wastafel merupakan salah satu sumber penyakit di dapur. Sisa-sisa makanan merupakan faktor penyebab timbulnya bakteri seperti E. Coli dan Salmonella. Usahakan untuk menjaga kebersihan wastafel, mulai dari kran, permukaan, hingga lubang pembuangan dengan cairan pemutih, ekstrak lemon, atau baking soda.

Spons Cuci Piring

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NSF International, sebuah organisasi kesehatan publik independen, salah satu peralatan di dapur yang banyak mengandung bakteri adalah spons pencuci, karena mengandung kuman, ragi dan bakteri 150 kali lebih banyak dari gagang sikat gigi. Secara umum, bakteri yang ada pada spons tidak membuat Anda sakit, tapi beberapa (seperti Salmonella dan E. Coli) dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Cara untuk meminimalisir spons jadi sarang kuman adalah dengan selalu membersihkan dengan cermat setiap kali selesai menggunakannya, jangan sampai tersisa bekas makanan yang menempel, kemudian upayakan untuk selalu menggantinya setiap dua minggu sekali. Spons yang kotor juga dapat menyebabkan bau tak sedap yang mengganggu kenyamanan Anda berada di dapur.

Lekukan Kabinet

Kabinet dapur/kitchen set pada umumnya memiliki lekukan-lekukan pada permukaan pintu atau bagian tepinya. Tanpa Anda sadari lekukan ini sering luput dari perhatian karena kerap tak terlihat jelas oleh mata, padahal bagian inilah justru yang paling sering menjadi tempat menumpuknya debu, cipratan makanan yang tak disadari, noda-noda kotoran yang mengerak, dan sebagainya. Oleh karena itu, jangan lupakan bagian ini untuk selalu disterilkan lebih sering dari biasanya.

Jaga kebersihan dan kesehatan dapur Anda sama halnya dengan ruangan-ruangan lainnya di dalam rumah. Dapur kotor tentu tidak nyaman digunakan, menjadi sarang bakteri, juga kadang menimbulkan bau kurang sedap karena terlalu banyak kotoran yang mengendap. Sebaliknya, dapur yang selalu bersih tentu saja akan tetap higienis dan terhindar dari pertumbuhan bakteri merugikan yang mengancam kesehatan Anda.

sumber
 
Back
Top