Cara Penggunaan Oven Roti Listrik Untuk Produksi Roti dan Kue

sinici

New member
Menganal dahulu produk peralatan masak tentunya adalah hal utama, yang perlu diperhatikan dalam menggunakan peralatan masak seperti halnya menggunakan oven roti listrik tidak terlalu mudah dan tidak juga terlalu sulit, yang terpenting anda harus memperbanyak jam terbang dalam penggunaannya agar anda dapat mengerti hal apa saja yang terjadi.

oven-roti-listrik.jpg

cara menggunakan oven listrik agar bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. perlu diketahui oven listrik punya keunggulan pada kestabilan panasnya. jadi bila sekedar memanaskan makanan dingin yang sudah jadi, misalnya bubur, roti, pizza, atau sejeninya, cukup dipilih yang warm, atau memanaskan, dengan jangka waktu tak lebih dari 10 menit. Kalau untuk memasak makanan mentah, seperti kue kering atau masakan panggang, daging panggang, ayam panggang, dan sejenisnya. Untuk memanggang kue kering atau cookies, bisa dengan langkah berikut:

  • Panaskan oven terlebih dahulu sampai panas sekali saat ingin memulai memanggang.
  • Setelah oven panas sekali, setting low medium agar mendapatkan panas yang stabil.
  • Tutup oven boleh dibuka dan harus sering-sering memindahkan rak saat memanggang.
  • Mulai dari rak terbawah pindahkan ke atas. Rak atas pindahkan ke tengah, rak tengah pindahkan ke bawah dan seterusnya sampai cookies matang sempurna.
  • Putar-putar loyang searah dengan jarum jam saat menukar posisi rak.
  • Pilihlah api kecil dan rajinlah untuk membuka tutup dan putar posisi sambil menukar rak. Memang memerlukan waktu yang lama tetapi hasil yang didapatkan sempurna.
  • Sedangkan untuk roti, panaskan oven hingga panas sekali, lalu setting low medium. Untuk memanggang cake sebaiknya menggunakan rak tengah, agar panas yang didapatkan merata dari bawah sampai atas. Oven jangan dibuka tutup.
  • Ditengah-tengah durasi memanggang, apabila bagian dalam sudah mengembang, putar loyang agar bagian cake yang lain mendapat panas yang sama sehingga cake matang merata. Hal ini tidak berlaku untuk pembuatan kue sus dan choux pastry.
  • Tapi bila untuk memanggang daging atau ayam, langkah yang bisa dilakukan, adalah pertama, gunakan tempat khusus roasted chicken. Putaran hawa pada oven dibuka agar suhu dalam oven stabil dan ayam matang dengan sempurna.


Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda selamat mencoba.


Sumber
 
Back
Top