Ikuti 6 Tips ini Agar Tidak Tersesat Selama Umroh di Tanah Suci

Ihyabond009

New member
0*KwYJi5jMT_PDcOVs.jpg

Ada banyak hal dapat menyebabkan kita tersesat di tempat lokasi baru terutama saat menjalankan ibadah umroh (lebih-lebihnya umroh plus turki di tahun 2016 ini). Untuk menghindari atau membuat anda tersesat lebih jauh lagi anda bisa memanfaatkan tips agar tidak tersesat selama umroh berikut ini:

1. Segera Catat Alamat Penginapan Anda
Setelah tiba di Madinah atau Makkah anda sebaiknya segera mencatat identitas penginapan secara komplit meliputi nama jalan tempat hotel, alamat gedung hotel tempat menginap, nomor kamar, dan nomor telepon. Jangan lupa catat nomor telepon teman sehotel, ketua rombongan, dan muthawwif atau pembimbing umroh untuk dimintai bantuan ketika anda tersesat atau butuh pertolongan.

2. Selalu Bawa Tanda Pengenal Anda
Agar anda mudah dalam mencari pertolongan dan mudah dikenal kenakan kedua identitas tersebut kemanapun, karena tanda pengenal tersebut bisa menjadi petunjuk tempat anda tinggal. Selain itu petugas keamanan Arab Saudi bisa lebih mudah menemukan asal negara mana anda berasal dan dimana tempat anda tinggal terlebih bagi anda secara percakapan tidak menguasai percakapan Inggris atau Arab.

3. Jangan Sampai Terpisah dari Rombongan
Saat hendak bepergian baik jalan-jalan atau sekedar mencari makan sebaiknya anda pergi secara bersama-sama. Jika tidak pergi bersama rombongan anda bisa pergi dengan kawan lain untuk menemani anda apalagi anda benar benar baru pertama kali beribadah ke tanah suci dengan umroh wisata Turki harga murah atau anda seorang perempuan akan rawan menjadi korban kriminal.

4. Awas Penipuan!
Hal ini terutama dihimbau bagi jamaah perempuan atau baru pertama kali bertandang ke Tanah Suci untuk menghindari hal sesuatu yang tidak diinginkan. Kenali petugas penyelenggara umroh dan ibadah haji. Anda bisa dengan mudah mengenali mereka lewat identitas secara resmi dan warna seragam resmi atau batik yang mereka gunakan.

5. Jaga Ketenangan Anda, Tidak Perlu Panik
Hadapi semuanya dengan tenang dan tidak panik. Apabila anda tersesat dan sudah berkeliling namun belum mendapatkan jalan pulang, maka tenangkan diri dengan beristirahat sebentar sambil duduk sembari mengingat-ingat tanda khusus menuju penginapan tempat anda menginap, atau pintu masuk ketika beribadah di Masjidil Haram. Sementara anda bisa bergabung dengan jamaah dari negara indonesia lain sebelum mendapati jamaah atau rombongan kita bisa menolong anda menemukan penginapan tempat anda menginap. Oleh karena itu tanda pengenal sangatlah penting.

6. Jangan Malu, Bertanyalah
Berusahalah mencari informasi dengan bertanya. Misal, dengan sesama jamaah lain yang berbahasa sama sehingga kemungkinan besar bisa membantu kesulitan anda. Selain itu anda bisa bertanya kepada petugas terdekat untuk meminta petunjuk arah kemana yang harus anda tuju dengan lebih jelas.

Semoga Bermanfaat!

Sumber: Labina Group Tour & Travel
 
Last edited:
Wah ada yg tersesat juga rupanya ya, ada juga yg Gak balik" umroh tuh hihihi
 
Back
Top