Brojolintang, Pendekar Tenggorokan

kukuku

New member
Sepintas, pongporang, brojolintang, sangketan, atau bluntas cina mirip nama pendekarsilat zaman dulu. Tugas mereka pun tak banyak berbeda. Pendekar silat merupakan insan yang terpanggil untuk membela kebenaran dan membasmi kebatilan. Sedangkan pongporang dan kawan-kawan adalah tumbuhan pembela saluran pernapasan dan pembasmi radang tenggorokan.

Radang tenggorokan sebaiknya memang jangan dianggap enteng, karena bisa sangat mengganggu dan menjalar. Penyakit ini biasanya diawali demam, sakit kepala, panas dingin, serta keluarnya riak bernanah akibat infeksi selaput lendir di tekak (pharyngitis). Dia juga bisa menjalar ke tonsil (tonsillitis), yang ditandai dengan demam rematik. Tonsillitis inilah yang mengganggu pita suara, sehingga menyebabkan sakit ketika menelan dan kehilangan suara.

Walter H. Lewis dalam buku Medical Botani menyebut bakteri Streptococcus pyogenes sebagai penyebab infeksi tenggorokan ini. Demam muncul lantaran pembengkakan pada kelenjar getah bening, diiringi sakit kepala dan sakit otot. Radang tenggorokan juga mungkin meluas menjadi radang telinga (otitis), radang tulang karang (mastoiditis), dan radang paru-paru (pneumonia).

Ehm... jangan lupa Reputasinya yah!!
 
Back
Top