India Tolak Internet Gratis Facebook

spirit

Mod
f6619957-8cd4-4aeb-8d55-c209eb0557a9_169.jpg

Penolakan terhadap internet gratis Facebook akhirnya resmi diterapkan. Otoritas telekomunikasi India saat ini sudah memblokir Free Basics, layanan yang dipakai untuk mengakses internet gratis.

Dilansir Fortune, Selasa (9/2/2016), pemblokiran ini diklaim sebagai bagian dari dukungan pemerintah terhadap net neutrality atau netralitas internet. Keputusan ini menyusul pro kontra internet gratis Facebook di India yang sudah berlangsung selama setahun.

Seperti diketahui, Facebook gencar mempromosikan akses ketersediaan internet ke berbagai negara, melalui inisiatif Internet.org. Layanan ini memberikan akses gratis ke sejumlah situs internet, antara lain untuk situs berita lokal, ramalan cuaca, Wikipedia, dan beberapa situs kesehatan.

Melalui kemitraan dengan operator lokal, semuanya bisa diakses gratis. Para pendukung net neutrality menentang layanan gratis tersebut, dengan alasan pemberi jasa internet seharusnya tidak mengutamakan situs internet tertentu.

Dikatakan Nikhil Pahwa, relawan di savtheinternet.in, penduduk miskin pun perlu diberi kebebasan dalam mengakses internet.

"Riset menunjukkan bahwa mereka yang berpendapatan rendah ingin akses terbuka dan tak terbatas. Mereka harus diberi pilihan untuk memutuskan apa yang ingin mereka akses," katanya.

Selain India, penolakan internet gratis Facebook juga terjadi di Mesir. Berbeda dengan India, negeri Piramida tersebut menutup Free Basics karena takut menjadi sarana melakukan protes pada pemerintah.

~detik.com
 
Back
Top