Cloud Computing, Rumah yang Tepat Untuk Data Analytic

vibicla

New member
Data analytic - dengan jumlah data yang sangat besar memerlukan ruang pengolahan dan penyimpanan yang cukup untuk menampung setiap data yang dikerjakan. Secara alami lingkungan yang paling tepat bagi data analytic adalah cloud computing Indonesia. Walau demikian, mereka yang bergerak di bidang data analytic masih mencari berbagai kemungkinan tapi tidak menutup mata kalau cloud computing mempercepat proses analisa data secara dramatis.

Cloud computing Indonesia lingkungan terbaik untuk pengolahan data analytic
Vince Dell 'Anno, Managing Director Accenture Analytics, berbagi hasil pengamatannya mengenai cloud computing. Berdasarkan pengamatan beliau, cloud computing Indonesia tanpa disadari sudah menjadi bagian dari struktur perusahaan IT. Hal ini terlihat melalui peningkatan aktivitas perusahaan dalam pergerakan kemampuan data dan analisis pada cloud computing untuk moeningkatkan ROI, kelincahan dan kecepatakan inovasi. Data analytics yang diproses di cloud memberikan masukan yang cepat dalam pengambilan keputusan dan hasil bisnis.

cloud_analytics.png


Berdasarkan hasil survey yang dilansir oleh IDG, perusahaan-perusahaan cloud analytic rata-rata memiliki 17 proyek data analytic yang sedang berlangsung atau sedang dalam perencanaan. 46% dari proyek ini melibatkan penggunakaan cloud analytic. Hasil survey ini menekankan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Vince Dell 'Anno. Cloud computing adalah masa depan perusahaan IT dan merupakan rumah alami bagi data analytic. Dengan menggunakan cloud computing, perusahaan tidak perlu memiliki perangkat penyimpanan yang mahal dan menghabiskan banyak ruang. Perusahaan cukup menggunakan jasa penyedia layanan cloud. Ditambah lagi dengan sistem cloud, pengguna hanya membayar ruang penyimpanan sebesar yang mereka gunakan. Proses data analytic memang memiliki jumlah data yang luar biasa tapi hal itu tidak berlangsung sepanjang proses berlangsung. Hanya pada beberapa titik jumlah data yang digunakan memberngkak. Kemungkinan untung mengintegrasikan data yang disimpan on premis dan data yang disimpan pada cloud serta kemudahan untuk mengakses data untuk keperluan analisis membuat cloud computing kembali menjadi pilihan.

Perubahan ini tidak terjadi dalam semalam. Ini adalah proses bertahap yang masih terus berjalan. Bagi Anda yang memiliki perusahaan IT tidak ada salahnya untuk melirik cloud computing Indonesia. Mungkin Anda masih tidak yakin dengan sistem keamanan yang dimiliki oleh penyedia jasa cloud computing Indonesia tapi tidak berarti Anda tidak bisa memanfaatkan teknologi ini. Mulai jadikan cloud computing Indonesia sebagai lingkungan untuk pengolahan dan penyimpanan untuk data analytic yang tidak sensitif. Kenali teknologi ini dan setelah Anda yakin, segera migrasi menggunakan cloud computing Indonesia.

Sumber
 
Back
Top