Keunggulan Oven Gas

sinici

New member
Oven yang berfungsai untuk mematangkan makanan tentu orang manyak memakainya untuk hal tersebut namun karena fungsinya untuk memanggang atau memanaskan juga bisa digunakan untuk hal lain seperti misalnya mengeringkan daun dll, kalo dalam industri roti oven roti digunakan untuk memanggang roti manis isi, roti tawar, di industri kue untuk memanggang kue bolu/tart, kue bika ambon, kue sus, dalam industri makanan digunakan untuk memanggang pizza, zuppa-zuppa, ayam bakar, ikan bakar, bahkan ada yang digunakan untuk mengeringkan sejumlah produk seperti : pengering daun (biasanya untuk membuat jamu), pengering pakan ternak (pelet ikan), juga ada yang digunakan untuk mengeringkan sejenis hasil dari karet, cukup banyak bukan kegunaannya ?, dan oven ukurannya bermacam-macam dari mulai oven listrik untuk industri makanan sampai oven microwave untuk ibu rumah tangga, oven tidak hanya menggunakan listrik, namun ada juga yang menggunakan bahan bakar gas (oven gas), atau oven tanggkring jadul yang pemanasannya di taruh di atas kompor, oven tersebut biasa digunakan untuk memanggang kue kering.


Oven-Gas-2.jpg


Banyak orang bahkan industri roti rumahan menggunakan oven berbahan bakar dari Gas LPG. Selain pemakaiannya lebih cepat selesai, harganya pun tiidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan menggunakan minyak tanah. Karena yang api yang dikeluarkannya biru, pemakaiannya pun tidak terlalu sulit, karena api yang digunakan dapat diatur besar dan kecilnya melalui sebuah kran gas yang berfungsi sebagai alat pengatur pengeluaran api. Suhu di dalam ruangan oven tersebut dapat dilihat melalui sebuah termometer yang diletakkan di depan pintu oven gas terserbut.

Api yang digunakan ada 2 buah yaitu api atas (letaknya di dalam oven sebelah atas) dan api bawah (letaknya di bawah badan oven).

Pengguna oven gas dari berbagai kalangan, mulai dari Ibu Rumah Tangga, Tempat pelatihan kue / kursus, Usaha Jasa Boga / catering, Toko roti / kue, bahkan untuk Pemula sekalipun. Bahkan pernah ada yang dipakai untuk mengeringkan hasil sablon. Oven roti gas memang masih produk lokal dan dapat digunakan untuk home industri, oven gas juga tak kalah bagus hasil panggangan dari oven listrik, bahkan lebih ekonomis menurut komentar para pemakainya dari mulai ibu rumah tangga hingga industri roti kecil dan menengah hasil panggangannya tetap yang terbaik. Oleh karena itu untuk anda yang baru memulai usaha roti jangan khawatir oven ini cukup tangguh.
 
Last edited:
Back
Top