Mesin Proofer Roti Untuk Mengembangkan Adonan Roti

sinici

New member
Membuat roti ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk menjadikan roti yang empuk dan enak berkualitas tahapan penting biasa nya di lalui setelah proses pengadukan hingga menjadi adonan yang kalis tahap selanjutnya adalah tahap mengambangkan adonan roti tentunya menggunakan mesin roti proofer untuk memposisikan adonan dalam ruang yang suhunya terjaga dan sudah diatur waktunya dalam menit yang telah ditentukan.

mesin-proofer.jpg

Saat pembuatan produksi roti sebenarnya semua tahap adalah penting salah satu tahap pembuatan roti yang dapat mempercepat mengambangnya adonan roti adalah tahapan proofing, pada tahap ini adonan roti diistirahatkan atau didiamkan agar adonan mengembang maksimal sebelum dimasukan ke dalam oven. Sebelum mengembang, biasanya adonan telah dibuat bulatan dan ditimbang dalam ukuran tertentu menjadi bagian kecil. Waktu proofing yang ideal yaitu antara 15 menit sampai dengan 20 menit. Waktu yang digunakan untuk melakukan tahapan proofing ini harus sangat diperhatikan, karena jika proses proofing terlalu sebentar maka roti tidak akan mengembang dan hasilnya ‘bantat’ dan jika terlalu lama maka tekstur roti menjadi terlalu lunak.

Mesin proofing adalh tempat penyimpanan adonan roti yang telah di cetak atau di bentuk, agar roti adonan tersebut dapat mengembang sempurna dengan suhu tertentu yang diatur dalam mesin proofing, untuk mendapatkan hasil proofing yang sempurna, mesin proofing berbentuk seperti lemari yang berfungsi untuk mengembang adonan. Selain untuk proses pembuatan roti, proofer bisa digunakan untuk proses pembuatan yoghurt. Dalam proses pembuatan roti, proofer ini membantu adonan roti mengembang dengan lebih baik karena suhu dan kelembabannya yang terkontrol sehingga hasil akhirnya dapat optimal. Proofer memiliki ruang yang cukup besar untuk mengakomodasi produksi roti dalam jumlah besar. Selain itu menariknya lagi, proofer ini dapat di set waktunya sehingga waktu proofing dapat disesuaikan dan pas dengan yang seharusnya.
 
Back
Top