Membuat Bakso Super Nikmat

sinici

New member
Belajar membuat bakso tak perlu menggunakan mesin bakso lengkap hingga menjadi bakso, namun yang anda perlukan adalah skill dan peralatan seadanya hingga menjadi bakso yang enak dan kenyal.

Membuat bakso sendiri dirumah sebenarnya tidak sulit bila anda telaten dalam membuat makanan demi kesehatan keluarga anda karena kesehatan keluarga anda merupakan tanggung jawab anda sebagai orang tua terutama anda sebagai ibu, berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat bakso sapi yang super enak,namun tetap menyehatkan dan memiliki kandungan gizi yang tinggi karena kandungan protein yang terdapat dalam daging yang tinggi.

Bakso-sapi.jpg

Bahan Membuat Bakso

1 kg daging sapi giling
1 ons tepung kanji
6 siung bawang putih
1 senduk makan garam
1/2 sendok teh merica bubuk
penyedap rasa secukupnya


Bahan Membuat Kuah Bakso

Tulang sapi
Air
Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
gula 2 sdt
garam 1 sdm
lada 1/2 sdt
daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
kaldu sapi instan, 2 sdt


Cara Membuat Bakso

Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.
Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terllau besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Nah disini saya yakin anda bisa untuk membuat bulatan bakso.
Masukkan bulatan bakso yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.


Cara membuat kuah Bakso

Rebus air bersama tulang dan semua bumbunya sampai mendidih dan tulangnya menjadi matang.
Jika sudah matang, kecilkan apinya dan selanjutnya anda sudah bisa menyajikan bakso bersama kuahnya.
Untuk penyajian, bisa di tambah pelengkap seperti bawang goreng, tahu, seledri, saus, kecap dan lain sebagainya agar lebih terasa enaknya.

Mudah bukan ?, dengan begitu anda dapat menyelamatkan kesehatan keluarga anda terutama anak anda dan pastinya anda disayang oleh suami serta anak-anak anda.
 
Back
Top