Pendidikan untuk menjadi pengusaha

neo

New member
Kalo kita liat sekarang ini, banayak sekali iklan-iklan dari berbagai lembaga pendidikan yang meenjanjikan iming-iming masa depan yang cerah bagi setiap siswanya, tapi kalo dilihat secara lebih jauh sangat jarang ato boleh dikatakan tidak ada lembaga pendidikan yang mengarahkan / menyarankan siswa2nya setelah lulus nanti menjadi pengusaha. hal itutentunya memprihatinkan karena kita hanya akan dididik dan dibekali ilmu sebatas menjadi karyawan yang baik dan blablabla...tanpa pernah dipersiapkan dengan pola pikir seorang wiraswasta. Padahal kalo kita mau jujur pasti akan banyak yang tertarik mengikuti pelatihan/pendidikan untuk persiapan menjadi pengusaha....walaupun sebenarnya hal itu tentunya tidak mudah menjadi pengusaha dengan kendala utama (kata sebagian banyak orang adalah modal).....mungkin perlu dipikirkan lagi intuk pengembangan dijalur persiapan untuk menjadi seorang wiraswasta yang tangguh tentunya :)
 
iya kalo menurut aku seh, pendidikan di kita terlalu membingungkan dan membuat kita pusing, contoh SD ada beberapa pelajaran, SMP ada beberapa Pelajaran juga ditambah dengan pelajaran baru, di SMU ada beberapa pelajaran dan ditambah lagi pelajaran baru sperti yang ga ada di SD dan SMP...ini kan yg membuat pusing, dalam sehari ada 3 pelajaran yang harus kita pelajari...gitu juga esoknya, dan hanya diwaktu kuliah saja ..yang menjadi jurusan ..yaitu mata kuliah yg kita suka ga bercambur-bercampur sperti SD , SMP dan SMU....pertanyaanya ..knapa ga dari SD sampai perguruan tinggi dibuat sekolah khusus ??? ...misal sekolah matematika saja...jadi dia lulusan dari skolah ini bakal jadi guru langsung karena menguasai bidangnya.

makanya kita sumber daya manusia nya ga ada, dan kita dari kecil tuh dah di ajarin di buku2 dan disekolah-sekolah itu ..." ibu kepasar membeli ikan "
artinya apa tuh ....iya kita dari kecil dah diajarin jadi konsumen, kita membeli dan membeli terus ....knapa ga diajarin ibu kepasar menjual ikan ..kan laen lagi artinya ...kita di ajarkan berusaha ...

maap cuma pemula neh :)
 
Begitulah sistem pendidikan di Indonesia. Output SDM hanya diarahkan untuk sekedar menjadi kuli.
Sikap n sifat kemandirian yang seharusnya bisa dibentuk melalui pendidikan formal justru diabaikan.
Siswa dari TK sampai Perguruan Tinggi kebanyakan hanya dicekoki ama "metode hapalan" tanpa diajarkan bagaimana cara memecahkan suatu persoalan atau masalah.

Kenapa hal itu bisa terjadi?????

Sistem pendidikan di Indonesia tercipta bukan hanya dalam waktu puluhan tahun, tetapi ratusan tahun. Sistem pendidikan kita masih mengacvu pada sistem pendidikan yang diciptakan oleh belanda, dimana pada masa itu memang difokuskan untuk menciptakan tenaga-tenaga kerja. Segala pemikiran yang berbau kekritisan dibelenggu agar tidak mengganggu eksistensi penjajahan. kondisi tersebut berlangsung selama 350 tahun ditambah dengan 3,5 tahun pendudukan jepang.
Tapi sistem pendidikan ala jepang sudah mulai mengadopsi sistem pendidikan modern (meskipin belum sepenuhnya mengacu sistem tersebut).

setelah merdeka, sistem pendidikan di Indonesia masih berjalan ditempat. Kaum Priyayi yang notabene orang indonesia juga MASIH MEMPERTAHANKAN SISTEM PENDIDIKAN TERSEBUT. Mereka masih berusaha mempertahankan sistem feodalisme melalui golongan bangsawan-rakyat sehingga mereka mendapatkan keuntungan berupa kekuasaan dan kehormatan.
 
pendidikan di Indonesia sekarang ini cuma mendidik murid2nya untuk pintar bukan crdas
jd yg ada di otak mereka cuma bagaimana cara mendapat nilai baik saja
 
memang realitanya seprti itu gan,, salah satu contoh yang jarang kita sadari adalah program beasiswa dengan syarat ikatan kerja,, sekarang ini banyak sekali program beasiswa yang memberikans syarat setelah lulus nanti harus kerja di perusahaan yang memberi beasiswa tersebut, ini adalah sebuah perangkap yang sangat diminati mahasiwa jaman skarang, padhal ini adalah salah satu cara untuk mematahkan semangat wirausaha pada mahasiwa, mereka dinina bobokan dengan kemudahan dan kemudahan,
 
Back
Top