Belajar Membuat Roti Sobek Dengan Mesin Roti Seadanya

sinici

New member
Membuat roti sobek dengan peralatan mesin roti seadanya yang saya miliki merupakan tantangan buat saya karena saya hanya dipandu dengan resep roti seadanya serta peralatan seadanya, saya hanya menggunakan peralatan seperti mixer tangan dan oven microwave, ternyata hasil roti sobek yang saya buat dengan isian coklat dan keju enak sekali dan hal tersebut membuat saya ketagihan ingin membuat lagi dan lagi setiap weekend untuk mengisi waktu luang.

roti-sobek.jpg

Bahan yang digunakan: 500 grm terigu cakra, 100 grm gula, 2 bj kuning telur, 200 ml air, 100 grm mentega, 1 bungkus/11grm fermipan, 1 bungkus susu dancow bubuk, 1 sdt baking powder, sejimpit garam, Bahan buat olesan: 1kuning telur 2sdm skm.

Cara Membuat: Masukan fermipan ke baskom kasih air dikit aduk2 sampai berbusa. Masukan gula telur kuning aduk sampai rata dan gula menjadi hancur, Masukan terigu susu dan baking powder dikit demi dikit dan kasih air sedikit2 jg campur hingga rata lalu masukan mentega uleni sampai kalis dan tidak lengket lg. Diamkan 30menit tutup pakai serbet bersih/plastik wrap sampai mengembang, Siapkan loyang olesi dgn mentega biar nga lengket, Setelah 30menit mengembang kempiskan adonan dan ambil bentuk bulatan isi dgn coklat atau sesuai serela masing2 letakan di loyang yg sudah di oles mentega tadi. Lalu diamkan lagi selama 1jam hingga mengembang tutup pakai serbet/plastik wrap, Setelah 1 jam kemudian oleskan dengan bahan olesan lalu panggang di oven yg sudah di panaskan terlebih dulu. Panggang dgn api sedang -+30 menit atau bisa sambil di lihat jika warnanya sudah kuning kecoklatan berarti sudah matang dan dinginkan.

Setelah matang rotinya jangan lupa oleskan lagi dengan butter atau margarin agar permukaan atas roti terlihat berkilau menarik untuk menggugah selera makan, demikian resepnya semoga bermanfaat untuk anda, selamat mencoba dirumah.
 
Back
Top