Ini Bahaya Jika Olahraga Berlebihan

rioobes

New member
attachment.php

Olahraga yang paling cepat menurunkan berat badan


Liputan6.com, Jakarta Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga jika melakukannya berlebihan. Untuk mempertahankan tubuh yang bugar, seimbangkan juga dengan pola makan yang sehat.

Olahraga yang tepat memang dapat menurunkan berat badan kita, meningkatkan metabolisme, dan juga sistem kekebalan tubuh. Tapi jika terlalu berlebihan, dapat menyebabkan berbagai masalah serius seperti cedera dan masalah pernapasan. Manfaat tambahan seperti mencegah terjadinya stres juga tidak akan didapat.

Terlebih mereka yang memiliki masalah tulang. Tak hanya terluka, olahraga berlebihan seperti lari akan melemahkan tulang dalam jangka waktu yang panjang dan masalah permanen. Belum lagi jika kurang kalsium dan vitamin D, ujung-ujungnya harus berurusan dengan dokter tulang.

1. Tulang rapuh

Jika berolahraga terlalu lama dari waktu yang seharusnya, membuat tulang rawan rapuh dan sendi lelah. Tulang rawan juga melemah.

2. Salah latihan melemahkan tulang

Jika memiliki penyakit tulang seperti osteoporosis dan Anda melakukan latihan yang tidak tepat dalam waktu yang lama, hanya akan memperburuk kondisi Anda saja.

3. Melemahkan tulang bagi wanita

Wanita yang melakukan aktivitas fisik seperti berjalan jarak jauh tanpa diet yang seimbang dan kekurangan kalsium serta nutrisi lainnya dapat menderita penyakit seperti kehilangan tulang, osteoporosis, ammenorea.

4. Cedera tulang

Jika Anda melakukan latihan yang berlebihan berisiko mengalami cedera tulang. Penting untuk melakukan latihan di bawah bimbingan yang tepat. Jika terlalu banyak latihan dan dilakukan terlalu cepat menyebabkan tulang stres dan patah.

SUMBER
 

Attachments

  • running_in_the_heat500_0.jpg
    running_in_the_heat500_0.jpg
    33.1 KB · Views: 69
Angin malam tuh gak bagus bagi tubuh kita, makanya kalo malam tuh waktu istirahat bukan untuk berolahraga, bener gak sih?
 
Back
Top