Cara Menolong Si Anak Penyendiri

raratania

New member
2015021115282667832.jpg


Harus kita sadari bahwa tidak semua anak pintar bersosialisasi, terutama bagai sikecil yang pendiam dan penyendiri. Biasanya mereka akan lebih sulit bergaul dengan teman-temannya dan lebih memilih bermain sendiri.
Kalau ini terus dibiarkan tentu kurang baik bun, anak jadi tidak punya banyak teman dan kelak akan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi, terutama di lingkungan baru.

Terus, bagaimana sih cara menolong mereka? Dari hasil googling sana sini, situs merries.co.id melansir cara jitu yang bisa bunda praktikan.

Mendekatkan teman yang sifatnya bertolak belakang
Ketika di sekolah, bunda bisa minta tolong kepada pengajar untuk memasangkan si kecil dengan anak yang populer atau mudah bergaul. Cara ini bisa membantu mendorong anak agar bisa mendapatkan banyak teman.

Kelompok kecil
Kegiatan membuat kelompok kecil dalam lingkungan kelas biasa dilakukan para pengajar agar anak-anak didiknya bisa bersosialisasi dengan baik. Dengan cara ini, secara tidak langsung si kecil akan dipaksa untuk memiliki teman, dan bersosialisasi dengan mereka.

Memberi tanggung jawab penting
Salah satu cara untuk menolong anak yang kurang bersosialisasi adalah dengan memberikan tugas penting kepadanya, misalnya dengan mengangkatnya sebagai ketua kelas, menjadi pengumpul kerajinan tangan teman-teman sekelasnya, atau dengan menjadi pemimpin doa.

Menolong bila terjadi bullying
Anak pendiam sangat rentan dengan bullying. Jika ini terjadi kepada si kecil, segera tolong mereka, dan laporkan tindakan bullying ini kepada pihak sekolah. Bagaimanapun juga, bullying di sekolah bisa berdampak serius, bahkan bisa menghambat perkembangan mental si kecil.

Dengan cara-cara tersebut, si kecil akan bisa lebih cepat bersosialisasi. Kalau ingin tau cara selengkapnya, langsung kunjungi sumberya

Sumber
 
ooya,..
sy juga terbawa dr kecil jadi aga sulit bersosialisasi secara tatap muka, ada pun mengobrol sama teman yg udah bener2 dekat, tp klo ke yg baru kenal belum lama ya masih canggung2
 
ooya,..
sy juga terbawa dr kecil jadi aga sulit bersosialisasi secara tatap muka, ada pun mengobrol sama teman yg udah bener2 dekat, tp klo ke yg baru kenal belum lama ya masih canggung2

Hehehehe... iya kadang saya juga gitu kok den.. tapi semua bisa karena biasa den.. klo dibiasain sih akhirnya jadi ga canggung den :D
 
sebisa mungkin ajak selalu bekelompok dan dekat jg dgn orangtua

Iya bener... kalo zaman skg lebih banyak yg pilih gadget.. padahal sebenernya itu ga baik klo terlalu dibiasain yaa.. si anak nantinya jadi punya dunia sndiri n sulit berbaur.. ya krn itu td.. ga terbiasa :)
 
ya ada pentingnya peran orangtua dalam hal ini
dengan cara kita mengajarkan tentang oentingnya bersosialisasi, bermain untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kualitas diri sianak.
perhatian : harap jauhkan alat elektronik seperti gadget, laptop dan akses internet bagi si anak, karna hal ini akan sangat merusak diri sianak, bisa jadi dia akan menjadi penyendiri, kesepian, penghayal, percayadiri yang kurang,tidak berani bersosialisasi dengan teman" kerabat dan banyak lainnya. jangan mengambil resiko untuksi anak. jadilah orangtua yang bertanggung jawab bagi masa depan si anak.
 
Back
Top