Inilah Alasan Pentingnya Menabung Saat Masih Muda

Status
Not open for further replies.

tukangkayu69

New member
Menabung Saat Masih Muda? Bagaimana Caranya?

investasi-bagus130624c.jpg

Apakah kamu merasa tidak perlu menabung sejak dini? Atau justru merasa harus menabung sejak dini? Jika termasuk golongan orang yang setuju menabung sejak dini dan sudah mempraktikkannya, maka kamu berpikir sangat rasional. Di dunia modern ini semua hal menjadi sangat ‘abnormal’, seperti kata buku‘The Marketeers’“abnormal is the new normality”. Keadaan suku bunga yang tidak stabil, inflasi yang tinggi, harga minyak yang turun, dan lain sebagainya menjadi acuan mengapa kita harus menabung sejak dini, yaitu ekonomi yang dinamis. Dengan keadaan ekonomi yang dinamis ini kita tidak dapat memprediksi secara pasti bagaimana keadaan ekonomi kita, oleh karena itu menabung sejak dini adalah langkah kecil yang bijaksana supaya kita dapat mempersiapkan diri terhadap apapun yang dapat terjadi kedepannya.

Sebagai siswa atau mahasiswa atau pekerja yang masih memiliki pendapatan yang bergantung kepada orang tua atau pendapatan kecil, kita tidak perlu memaksakan untu kmenabung sebanyak mungkin. Sesuaikan dengan pengeluaran yang harus kita bayar setiap hari, setiap minggu atau setiap bulannya, setelah itu sisihkan beberapa persen dari pendapatan yang kita punya. Penting sekali bagi kita untuk membuat daftar belanja yang mencatat kebutuhan pokok yang dibutuhkan secara rutin. Entah itu belanja bulanan, pulsa, bayar rekening listrik dan lain sebagainya.

Selain membuat pembukuan, hal lain yang perlu dilakukan adalah membuat pembukuan. Pembukuan ini dilakukan untuk mencatat pengeluaran setiap harinyas upaya kita dapat melacak pengeluaran terperinci. Dimulai dari hal kecil seperti pergi ke mini market untuk beli permen pun sebaiknya di catat. Keuntungan dari hal ini adalah kita dapat mengetahui pengeluaran apakah yang paling banyak serta paham mengenai bagian pengeluaran mana yang harus ditekan supaya tidak boros.

Meminta saran orang tua atau konsultan mengenai keuangan pribadi juga dapat menjadi solusi untuk mengatur usaha menabung yang dilakukan. Sebagai orang yang masih buta akan investasi dan deposit, kita harus banyak bertanya kepada yang lebih paham dan berpengalaman supaya kita dapat menabung dengan efektif. Mereka akan memberikan saran apakah harus di- investasikan melalui pembuatan asuransi, atau dibelikan saham atau bahkan di-depositkan terlebih dahulu supaya tabungan anda tetap aman.

Tidak mudah memang untuk memulai menabung sejak dini. Kebiasaan masih diberi uang saku oleh orang tua dan masih tidak peduli dengan keharusan akan menabung pasti dialami oleh banyak orang yang mulai beranjak dewasa. Tips keuangan ini bisa menjadi solusi bagi kalian dan juga memiliki pesan tersirat yaitu semua hal harus disiapkan sejak awal. Jik atiba-tiba kalian mendapatkan musibah dan harus membayar sangat mahal dan tidak ada tabungan sama sekali maka normalnya meminjam uang menjadi alternatif paling mudah bukan? Namun bagaimana dengan bunga kredit di bank? Pastinya sangatlah tinggi. Oleh karena itu, untuk menghindarkan segala resiko yang ada lebih baik kalian menabung dari dini supaya keuangan tetap terjaga dan kehidupan akan aman dari hutang. Good luck!

Selagi masih muda, lakukanlah perencanaan keuangan jangka pendek, maupun jangka panjang untuk pendidikan, kesehatan, hari tua, dan lain-lain. Jika tertarik menjadi perencana keuangan profesional bisa melanjutkan pendidikannya di jurusan bisnis atau akunting yang sudah memiliki program-program yang bagus di Sampoerna University. Semoga tipsnya bisa bermanfaat, Selamat Menabung!
 
Last edited:
saya paling gabisa menabung, tips nya supaya bisa menabung donk

mulai bulan ini sisihkan minimal penghasilan (gaji) 10 persen. Ditabung dgn berbagai cara. Bisa celengan, bisa via bank.

ada program bank mandiri yg disebut "tabungan rencana" tiap bulan rekening utama dipotong otomatis sejumlah nilai perjanjian (minimal 200ribu/bulan)
tabungan tersebut tak dapat dicairkan sebelum 10 bulan
 
penyebabnya karena merasa msh banyak kebutuhan yang mendesak :)

Iyah betul sekali den selalu terhalangi oleh kebutuhan yang mendesak
Tapi terkadang juga bukan karna alasan kebutuhan yang mendesak, melaikan karna gaya hidup sekarang, seperti kebutuhan alat elektonik, style dll
Memang sulit sekali merubah kebiasaan gaya hidup kita tanpa keseriusan memutuskan untuk lebih berhemat den

Bisa jadi juga mungkin karna kebiasaan masa kecil saya den
dulu saat sesusia 9 s/d 13 tahun saya sering menabung menggunakan celengan den, tapi sayangnya hanya bertangan beberapa jam saja lalu saya korek" lagi menggunakan kayu lidi untuk mengeluarkan uang tersebut hehehe

Beda halnya pula dengan beberapa anak muda sekarang
banyak dari mereka tidak bisa menabung, bukah karna kebutuhan mendesak ata gaya hidup
melainkan untuk membeli barang" yang tidak terlalu penting dan selalu mengeluarkan uang untuk mentrakti pacar contohnya
contohnya seperti salah satu teman saya, dia sekali jalan dengan pacarnya bisa mengeluarkan dana kurang lebih 300 s/d 500rb per harinya. luar biasa kan haha
Saya aja boro" neraktir pacar, yang ada ditraktirin sama pacar hehe
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top