Gimana Caranya Lepas dari INSOMNIA??

ramaricarica

New member
Hampir semua orang didunia pernah mengalami insomnia, penyebabnya pun beragam. Jangan biarkan insomnia ini berlarut-larut kita alami, karena bukan hanya kesehatan saja yang terganggu tapi juga aktivitas sehari-hari. Banyak sekali cara untuk mengatasinya fren, mau tau caranya? Yuk simak cara-cara ini :

7-Cara-Supaya-Bebas-Insomnia.jpg


1. Waktu yang tepat minum kopi
Minum bukan sekedar minum ya untuk kopi ini, karena efek stimulant ini bisa berlangsung hingga 7 jam loh dan sisa kafein masih tersisa setelah 7 jam kita minum. Maka dari itu kenapa minum kopi dianjurkan pagi aja. Kebayang engga itu kafein lama banget kan ilangnya.

2. Go.. Go.. Olahraga
Udah engga usah diraguin kalo emang olahraga ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur karena dengan olahraga kita aka keluar keringat, melancarkan sistem metabolisme dan peredaran darah. Sebagai obat anti stress ternyata juga ampuh loh.

3. Stop Alkohol
Banyak dari kita malah minum minuman beralkohol seperti anggur sebelum tidur agar merasa cepat tidur, tapi ternyata itu salah ya. Selain bersifat diuretik yang akan membuat kita sibuk bolak-balik kamar mandi karena keingnan uang air kecil, minuman beralkohol juga akan membuat tidur lebih cepat bangun disbanding tidak minum, maka dari itu kualitas tidur kita akan buruk.

4. Matikan Gadget dan lampu saat mau tidur
Kenapa harus dimatikan ? karena cahaya yang dihasilkan gadget dan lampu akan membuat tubuh kita menguangin produksi hormon melatonin yang menyebabkan berkurangnya rasa kantuk.

5. Meditasi
Terkadang stress merupakan factor utama insomnia, jadi cobalah bermeditasi karena dengan memfokuskan pikiran akan membuat kita lebih cepat tidur dan meditasi pun bisa dilakukan diatas tempat tidur loh.

6. Kurangi kadar stress
Kurangi kadar stress banyak sekali caranya, coba tarik nafas dalam-dalam saat kamu stress dan pikirkan hal positive apa yang dapat kamu kerjakan seperti karaoke, hangout bersama teman, jalan-jalan atau berlibur.

7. Konsultasi ke dokter
Kalau diri kita merasa insomnia ini berbeda dari yang dari biasanya dan tips2 yang sudah diberikan tidak ampuh untuk mengatasinya maka segeralah kedokter untuk medapatkan saran yang tepat. Mendeteksi dini apa yang terjadi dengan diri kita merupakan hal yang haruus kita lakukan.

Sumber
 
kl mau tidur matikan TV, ponsel, lampu kamar. Jgn minum kopi. pakai bedak baby (tentu setelah mandi) lalu beranjak tidur
 
Back
Top