Cara Didik Sopan Santun Pada Anak Di Tempat Umum

raratania

New member
Saat bawa anak jalan-jalan pasti seneng dong ya bisa kenalin anak kita ke dunia luar, juga sambal bikin dia supaya terbiasa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Nah tapi ada hal-hal yang harus kita ajari juga sama anak kita supay bisa tetep sopan sama lingkungan sekitar, ini kutipannya ya bun :

Kiat-Mengajarkan-Anak-Sopan-Santun-Di-Tempat-Umum.jpg


Bersikap realistis
Banyak orang mengasosiasikan jika bersikap sopan identik dengan bersikap tenang dan hanya duduk sambil memperlihatkan orang lain. Jelas hal ini sulit dilakukan oleh anak-anak, yang secara alami memang masih berpusat pada diri sendiri dan cenderung impulsif. Jadi, bersikaplah realistis dengan cara, si kecil boleh bermain hanya di area bermain saja.

Jelaskan sebelum berangkat
Misalnya, ketika akan berkunjung ke rumah sanak saudara, jelaskan kepada si kecil jika mereka tidak boleh berlari-lari di ruang tamu, tidak boleh bicara ketika makan, dan harus bisa menurut apa yang diperintahkan Moms. Kalau memang dibutuhkan, Moms bisa memberikan sedikit iming-iming hadiah ketika si kecil berhasil menjalankan apa yang diperintahkan dengan baik.

Dorong perilaku sopan di rumah
Rumah merupakan tempat belajar yang sangat efektif, terutama untuk mengajarkan sopan santun. Cobalah untuk mengajarkan sopan santun di rumah dengan cara, memberlakukan wilayah khusus untuk bermain, wilayah bebas berlari, wilayah duduk dengan tenang dan lainnya. Dengan begitu, si kecil pun akan terbiasa menerapkan aturan tersebut ketika berkunjung ke tempat lain.

Tanamkan sejak dini
Adat ketimuran seperti, cium tangan sebagai bentuk penghormatan, atau berbicara lembut dengan senyuman, merupakan hal yang harus Moms ajarkan sejak dini. Prilaku sopan santun ini sendiri termasuk dalam prilaku sopan dalam kategori formalitas, tapi bisa dikategorikan juga sebagai pengembangan sikap empati si kecil kepada orang lain.

Nah itu dia ya bun, bisa di coba diterapkan, karena kalua anak kita penuh dengan sopan santun tentunya juga akan mudah disukai dan banyak orang ayang akan menyukainya ya bun.

Sumber
 
Back
Top