Apa Boleh Anak Kita Konsumsi Garam?

mpokbibah

New member
Konsumsi garam itu sebenernya boleh ngga sih pada anak? Ya kalua anaknya sudah beranjak dewasa atau remaja ya tentu aja ya no issue selama itu masih secukupnya ya. Tapi kalua masih abyi, boleh ga sih sebenernya? Okay, untuk jawab pertanyaan ini bisa di ambil kesimpulan setelah baca penjelasannya yang dikutip dari Mymilk.com ya :

Fungsi Garam
Garam mengandung mineral utama berupa natrium dan klorida. Natrium memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh. Beberapa fungsi vital dari natrium antara lain menghantarkan sinyal antar sel saraf, membantu kontraksi otot rangka, dan juga penting bagi fungsi jantung. Selain itu, natrium juga berperan dalam membantu penyerapan beberapa nutrien dan meregulasi volume dan tekanan darah.

Meskipun fungsinya sangat penting dan tak tergantikan, konsumsi natrium yang berlebihan pun tidak baik, termasuk bagi anak-anak. Terlalu banyak konsumsi garam diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan memperberatkerja ginjal – terutama pada bayi.

Beda Natrium dengan Yodium
Selain dua mineral utama di atas, garam juga mengandung mineral yodium. Meskipun nama natrium dan yodium mirip, keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Natrium termasuk salah satu mineral utama yang terdapat dalam cairan tubuh dengan jumlah besar. Selain berfungsi mengatur tekanan darah dan volume cairan tubuh, natrium juga dibutuhkan oleh otot rangka, otot jantung, dan saraf untuk dapat berfungsi dengan optimal.

Sementara itu, yodium adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh untuk membuat hormon tiroid. Hormon tiroid sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembang, metabolisme, dan pengaturan suhu tubuh.

Batasan Konsumsi Garam
Mengonsumsi segala sesuatu baik itu kurang ataupun berlebihan sama-sama berakibat tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui batas konsumsi garam yang diperbolehkan bagi Si Kecil.
Berikut penjelasannya:

  • 0-12 bulan : maksimal 1000 mg garam per hari
  • 1-3 tahun : 2000 mg garam per hari
  • 4-6 tahun : 3000 mg garam per hari
  • 7-10 tahun : 5000 mg garam per hari
  • >11 tahun : 6000 mg garam per hari

Sumber Alami Garam
Garam terkandung secara alami dalam berbagai makanan. Walaupun terdapat batasan konsumsi garam, kandungan garam alami tersebut baik dan aman untuk dikonsumsi.

Beberapa sumber alami garam di antaranya daging, kerang, susu, keju, wortel, seledri, brokoli, dan kacang-kacangan. Sebagai perbandingan, 120 ml susu mengandung 50 mg natrium, 90 gram kerang mengandung 50 mg natrium, dan 1 butir telur ukuran besar mengandung 81 mg natrium.

salt-570x447.jpg


Konsumsi Garam Bayi dan Anak
Bayi usia di bawah enam bulan mendapatkan jumlah garam yang tepat melalui ASI. ASI adalah makanan terbaik bagi Si Kecil. Namun jika sang ibu tidak dapat memberikan ASI akibat satu dan lain hal, susu formula pun telah diformulasikan dengan kandungan garam yang tepat bagi bayi sesuai usianya.

Setelah berusia enam bulan, bayi akan mulai mendapatkan makanan tambahan selain ASI (MPASI). Sebelum berusia 12 bulan, Anda tidak perlu menambahkan garam ke dalam makanan Si Kecil, karena kebutuhan garamnya masih sedikit – kurang dari 1000 gram per hari – yang sudah didapatkan oleh Si Kecil melalui makanan itu sendiri.

Meskipun demikian, perlu dicermati bahwa jika Anda memberikan Si Kecil MPASI siap saji kemasan untuk bayi, akan tetap tertulis kandungan natrium dalam produk tersebut. Hal ini bukanlah suatu masalah, karena kandungan garam dalam produk tersebut masih sesuai dengan angka kebutuhan garam yang memang diperlukan Si Kecil – sebagaimana di dalam MPASI rumahan sudah terkandung garam secara alami dari bahan makanan yang digunakan. Sebagai contoh, susu kemasan 125 ml mengandung 30 mg natrium. Jika Si Kecil mengonsumsi susu sebanyak 500 ml, berarti ia sudah mendapatkan sekitar 120 mg natrium dan ini masih dalam batasan garam yang diperlukan Si Kecil dalam sehari.

Menginjak usia satu tahun – ketika angka kebutuhan garamnya sudah meningkat, yakni menjadi 2000 mg per hari – Anda sudah boleh menambahkan garam sedikit. Hal ini masih diperbolehkan asal total konsumsi garam Si Kecil tidak melebihi batas yang dianjurkan.

Selama Si Kecil mengonsumsi MPASI rumahan maupun kemasan yang diperuntukkan khusus bagi usianya, kebutuhan garam hariannya akan tetap terjaga dengan baik. Hal yang menjadi masalah adalah ketika ia mulai mengonsumsi makanan tinggi garam yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa – terutama setelah ia melewati satu tahun pertama kehidupannya – seperti keripik dan biskuit orang dewasa, makanan yang dijual di restoran cepat saji – seperti piza, kentang goreng, hamburger, bacon, dan lain-lain.

Sebagai perbandingan, satu porsi cheese burger mengandung 1108 mg garam, sandwich ayam mengandung 957 mg garam, dan setiap 28 gram kentang goreng mengandung 170-280 mg garam.
Oleh karena itu, perhatikanlah dengan saksama makanan apa yang akan Anda berikan kepada Si Kecil untuk menjaga agar kebutuhan garam hariannya terpenuhi dengan baik.

Nah Jadi memang harus kita perhatikan ya asupan gizi baik yang memang seharusnya kita penuhi untuk kebutuhan si kecil. Semoga infonya menambah wawasan ya :)

Sumber
 
Konsumsi garam itu sebenernya boleh ngga sih pada anak? Ya kalua anaknya sudah beranjak dewasa atau remaja ya tentu aja ya no issue selama itu masih secukupnya ya. Tapi kalua masih abyi, boleh ga sih sebenernya? Okay, untuk jawab pertanyaan ini bisa di ambil kesimpulan setelah baca penjelasannya yang dikutip dari Mymilk.com ya :



Nah Jadi memang harus kita perhatikan ya asupan gizi baik yang memang seharusnya kita penuhi untuk kebutuhan si kecil. Semoga infonya menambah wawasan ya :)

Sumber
trimakasih ya infonya
 
Back
Top