Faktanya Makanan Asin Perlu Di Waspadai! Kenapa?

mpokbibah

New member
Makanan yang hambar tentu aja ngga akan enak ya pas kita cicip, bahkan malah bisa bikin kita ga minat makannya. Jadi yang enak tentunya yang gurih dan berani bumbu, sebenernya makanan asin itu ya ga apa2 kalau masih dalam batas wajar ya konsumsinya.

Lalu kenapa harus diwaspadai? Harus banget, karena garam bisa curi kalsium dalam tubuh kita, ini kutipannya yang diambil dari Mymilk.com :

Makanan-Asin-Picu-Osteoporosis-570x447.jpg

Cara kerjanya, ketika Milk Lovers mengonsumsi makanan asin, maka kandungan garam tersebut akan mengikat kalsium, dan membuangnya keluar bersama urine. Karena itulah, semakin banyak mengonsumsi makanan asin, maka semakin tinggi pula risiko Milk Lovers mengalami osteoporosis.

Nah maka dari itu sebaiknya jangan terlalu banyak makan makanan yang asin-asin ya kayak junk food yang diketahui punya kandungan garam tinggi serta lemak jahat, dan tentunya selalu cukupi kebutuhan kalsium dengan minum susu.

Sumber
 
iya gan sekarang udah kurang-kurangin makan yang asin2

ak juga suka banget makan ikan asin, susah utk menolaknya jika udah terhidang kendati menyadari bahaya makan yang asin2 itu memicu banyak macam penyakit

nih artikel dari kompasiana:

Berikut beberapa makanan yang mesti Anda waspadai karena kandungan kadar garam yang tinggi:

Ikan Asin

Ikan asin menduduki rangking teratas terhadap kadar garam. Harus kita akui bagi penggemar ikan asin, makanan belum lengkap tanpa lauk ini. Garam yang tadinya ditujukan untuk mengawetkan ikan asin dapat menyebabkan penumpukan garam pada badan kita.

Ikan Asin dan Cryspy Asin dg kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Tips: pilihlah ikan asin dengan kadar garam yang rendah, atau Anda dapat merendamnya dahulu pd air utk menghilangkan garam yg berlebihan.

Roti

Dengan kandungan natrium 7,2 persen total asupan orang dewasa dengan usia 20-50 tahun, Anda disarankan tidak mengonsumsi roti terlalu banyak.

Daging merah

Daging merah memiliki kandungan garam hingga 5,5 persen total asupan orang dewasa (20-50 tahun). Sedangkan daging ayam ada di angkat 4,5 persen. Sementara produk peternakan turunan seperti keju hanya ada di angka 3,9 persen natrium dalam tubuh.

Pizza

Masakan khas Italia ini digemari karena memiliki cita rasa yang lezat. Dengan kandungan garam lima persen dari total kebutuhan, pizza jelas salah satu makanan yang mesti diatur jumlah konsumsinya.

Sup

Semangkuk sup yang menurut lidah Anda tak terlalu asin disebut memiliki kadar 4,2 persen dari kebutuhan natrium harian Anda. Anda musti bijak membubuhi garam, jangan berlebihan.

Roti isi

Roti isi atau sering disebut sandwich disebut sebagai makanan dengan salah satu kadar garam yang cukup tinggi. Roti dengan isian sayur dan daging bisa mengandung memenuhi 4,5 persen dari angka kebutuhan Anda setiap hari. Variasi isian akan memengaruhi kadar natrium di dalamnya.
 
Back
Top