Siapkan ini sebelum melakukan automation testing tools

QUADRA SOLUTION – Anda baru memperbaiki bug atau memperbarui aplikasi, sebelum merilis atau untuk meyakinkan kalau perbaikan itu tidak menghadirkan bug yang lain tentu saja Anda harus melakukan uji coba. Dibandingkan dengan pengujicobaan manual tentu saja automation testing tool jauh lebih efektif.

Walau begitu bukan berarti automation testing tool tidak memiliki risiko. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan uji coba untik memperkecil risiko jika terjadi sesuatu di luar perhitungan Anda. Beberapa langkah tersebut adalah:

Orang dengan keahlian yang tepat. Pengujicobaan secara otomatisasi berarti Anda harus memiliki setidaknya seorang programer dalam tim Anda. Jika Anda tidak memiliki seseorang dengan kemampuan teknis atau latar belakang pemograman apakah ada anggota tim Anda yang memiliki kemampuan beradaptasi tinggi terhadap teknologi baru? Atau Anda ingin menginvenstasikan uang untuk membangun tim pengujicobaan otomatisasi? Jika Anda menjawab ya, otomatisasi adalah pilihan terbaik. Jika tidak pikirkan kembali keputusan Anda. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.



Biaya. Seperti teknologi lain, biaya awal menggunakan automation testing tools sangat tinggi. Pengujian manual terhitung mahal karena Anda harus menyewa seorang ahli untuk melakukan ujicoba. Jika Anda berpikir otomatisasi adalah jalan keluar, pikir lagi! Biaya awal otomatisasi bisa sangat tinggi mengingat Anda harus membeli alat, melakukan pelatihan juga biaya pemeliharaan script. Tidak sedikit yang menyesal telah membeli automation testing tool karena biaya yang harus dikeluarkan tidak sebanding dengan keefektifan yang dihasilkan. Pertimbangkan baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk beralih menggunakan pengujian otomatisasi.

Kestabilan aplikasi. Pertimbangkan kestabilan aplikasi yang ingin Anda uji coba. Ide buruk jika Anda menggunakan automation testing tool pada siklus pengembangan awal. Jika Anda tetap melakukan pengujicobaan biasanya biaya pemeliharaan akan sangat tinggi.

Apakah 100% Otomatisasi? Berhenti bermimpi. Tidak mungkin pengujicobaan 100% otomatisasi. Selalu ada bagian-bagian kecil yang membutuhkan dokumentasi, instalasi, dan pemulihan yang harus dilakukan secara manual. Lagipula, walaupun sudah diuji coba secara otomatisasi, uji coba manual selalu dibutuhkan untuk memastikan semuanya berjalan dengan sempurna.

Automation testing tool masih merupakan cara terbaik untuk sebagian besar pengujian dan penggunaan sumber daya secara efektif dan hemat waktu. Tapi jangan sepenuhnya bergantung pada automation testing tool karena sesempurna apapun tetap saja hasil sepenuhnya bergantung pada pengguna. Jangan sampai pekerjaan Anda berantakan karena Anda tidak memiliki orang dengan keahlian yang tepat untuk mengoperasikan automation testing tool yang sudah Anda beli.

sumber
 
Back
Top