10 ide peluang usaha yang cocok untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha

santaisaja

New member
Tidak bisa dipungkiri, Semua orang di dunia ini ingin hidup bahagia. Walaupun mungkin berbeda cara pendangnya tentang arti kebahagiaan, tapi kita pasti sepakat kalau kita semua ingin hidup bahagia. Entah seperti apa kebahagiaan yang ingin kita raih.

Salah satu sarana menuju kebahagiaan adalah Jika tercukupinya semua kebutuhannya. Meski tidak ada jaminan juga kalau tercukupi kebutuhan bakal bahagia. Setidaknya sebagian besar orang akan merasa lebih bahagia jika kebutuhannya tercukupi.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut tentunya kita harus bekerja.Terserah mau bekerja sebagai apa, yang jelas dengan bekerja kita akan kebutuhan kita akan tercukupi.

Sayangnya tidak semua orang bisa bekerja di sebuah perusahaan, baik karena ia tidak ingin mandiri atau karena tingkat pendidikannya yang menyebabkan ia tidak diterima di perusahaan.

Orang yang tidak bekerja di perusahaan biasanya akan mencari jalan lain untuk menghasilkan uang, bisa dengan berdagang atau membangun usaha baik offline maupun bisnis online.

Nah, berikut beberapa ide peluang usaha yang bisa anda kerjakan, meskipun anda baru pertama kali terjun ke dunia bisnis.

1. Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias cocok bagi anda yang tinggal di daerah penghasil tanaman hias. Anda bisa memanfaatkannya untuk merintis usaha pertama anda. Anda tidak perlu repot mencari petani penghasil tanaman hias, karena stok barang sudah pasti melimpah. Ada dua peluang yang bisa anda garap, bisa dengan menjual bibit tanaman hias atau anda langsung menjual tanaman hias yang sudah besar. Semua tergantung dengan kondisi dan keinginan anda.

2. Tanaman Obat

Binsi tanaman obat termasuk susah-gampang, karena anda harus mengerti manfaat tanaman yang bisa dijadikan obat. Selain itu anda juga harus tahu cara merawat tanaman tersebut agar tidak mengalami kematian. Namun, jika anda serius menekuni bisnis ini, anda akan sukses karena peluangnya masih terbuka lebar.

3. Sewa tanaman

Bisnis ini masih berhubungan dengan tanaman hias, anda tinggal menyewakan tanaman hias milik anda. Tapi tantangannya anda harus merawat tanaman tersebut agar tetap segar dan enak dipandang. Anda bisa menyasar ke instansi-instansi yang akan mengadakan acara besar. Atau bisa juga menyewakan tanaman hias anda ke orang yang akan mengadakan pesta perkawinan.

4. Ikan Hias

Karena ini bisnis yang melibatkan makhluk hidup, anda harus punya passion di sini. Bila anda senang memelihara makhluk hidup maka bisnis ini cocok untuk anda. Tapi bila anda tidak suka dunia binatang, lebih baik anda mencari ide bisnis lain. Namun, keunggulan bisnis ikan hias adalah anda bisa menyalurkan hobi kesukaan anda, selain itu anda akan mendapat keuntungan dari bisnis ini.

8. Aksesoris Wanita dan Remaja

Sekarang jamannya internet, kalau anda tidak menguasai lini ini pasti anda akan ketinggalan dari yang lain. Hal yang bisa anda lakukan dengan internet salah satunya adalah berbisnis dengan menggunakan fasilitas internet. Dan yang perlu anda ingat bahwa bisnis melalui internet tidak terbatas waktu dan tempat. Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja, asal ada akses internet. Nah, ide bisnis yang sekarang sedang naik daun di internet adalah aksesoris wanita dan remaja. Remaja yang tinggal di kota sekarang banyak yang membeli perlengkapan mereka di internet, ini peluang yang sangat menjanjikan.

9. Handycraft dan Souvenir

Handycraft dan souvenir menjadi trend beberapa tahun terakhir.
Ini dikarenakan remaja dan calon-calon pengantin sudah pada melek internet. Trend ini sebenarnya datang dari negara barat, terutama untuk engadaan souvenir pernikahan. Nah, karena trend ini masih anget, tidak ada salahnya anda mencoba terjun di bisnis ini. Anda bisa menjual souvenir unik seperti jual toples kaca dengan bentuk unik, jual kipas cina, hiasan dari pernak-pernik hewan laut, atau bisa juga menjual gantungan kunci yang sederhana.

10. Bimbingan belajar untuk SD sampai SMP

Kalau anda baru lulus kuliah tentu masih inget dong pelajaran-pelajaran yang diajarkan ketika kuliah. Agar tidak hilang ilmu yang sudah didapat, anda bisa mengajarkan ke tetangga-tetangga yang ingin belajar di luar jam sekolah. Tapi harus tetap ada hitungannya ya, agar anda tidak rugi waktu nantinya. Anda bisa pasang tarif sesuka anda, yang penting masih terjangkau bagi mereka.

Itu tadi beberapa ide usaha untuk pemula yang bisa anda jalankan, semoga sedikit memberi gambaran bagi yang sedang mencari inspirasi ide usaha.
 
Last edited:
Back
Top