Mengapa Letak Kancing Kemeja Wanita dan Pria Berbeda?

Kalina

Moderator
KOMPAS.com — Selama ini, umumnya kemeja wanita selalu memiliki kancing di bagian kiri, sedangkan letak kancing pada kemeja pria selalu berada di bagian kanan.

Selain kancing kemeja, kancing atau pengait di bagian celana pria dan wanita juga memiliki letak yang berbeda.

Tak banyak yang tahu alasan letak kancing tersebut dibedakan pada busana wanita dan pria. Namun, jika ditinjau lewat teori serta sejarah fashion, berikut alasan posisi peletakannya berbeda:

1. Pada zaman Ratu Victoria di Inggris, busana bangsawan pria dan wanita memiliki banyak lapisan hingga memerlukan bantuan pelayan untuk mengenakannya.

Teori yang berkembang adalah kancing kiri untuk wanita dibuat untuk memudahkan pelayan, sedangkan pria yang lebih memilih mengenakan busana sendiri dibuatkan kancing pada sebelah kanan agar lebih memudahkan proses pemakaian.

2. Teori selanjutnya berkembang dari arti filosofis kancing sebelah kiri wanita yang menyedihkan. Kancing diletakkan pada bagian kiri agar wanita mengenakan tangan kirinya untuk mengaitkan kancing. Tangan kiri diindikasikan sebagai tangan yang lebih lemah daripada tangan kanan. Hal itu sebagai penanda bahwa status wanita lebih rendah dari pria.

3. Untuk memudahkan proses kerja industri garmen, maka dibuat perbedaan letak kancing agar kemeja kedua jender ini tak tertukar saat proses pembuatan serta distribusi.
 
ya memang mempermudah buat orang yg membedakan baju cowo/cewe jg mungkin,..

tpo klo buat orang yg kidal gmn cb?
 
Back
Top