Trik Perawatan Mobil Toyota Yang Dapat Dilakukan Sendiri

Ichijou02

New member
Welcome To My Thread

habGywv.png

Menjaga kondisi kendaraan untuk selalu prima merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pemilik mobil toyota. Dengan perawatan yang dilakukan secara rutin, komponen mobil toyota akan lebih panjang usia pakainya. Selain itu, perawatan yang sesuai akan menjadikan kegiatan berkendara anda lebih aman dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan mobil toyota yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Tips yang pertama yaitu membersihkan eksterior kendaraan. Untuk menghindari goresan pada mobil toyota, sebaiknya anda menggunkan karet busa atau kain yang terbuat dari microfiber. Jika anda mencuci mobil toyota dengan tangan, sebaiknya pencucian dilakukan saat mesin dalam kondisi dingin. Karena mesin yang panas dapat menyebabkan tangan anda terluka.

Berikutnya adalah membersihkan interior kendaraan. Untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di karpet dan kursi, anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Kemudian usap sisa debu dengan kain lembut yang sudah dibasahai dengan air hangat. Gunakan kain kering dan lembut untuk mengeringkan kemudian jemurlah di tempat yang teduh.

Hal berikutnya yaitu mengganti oli. Sebaiknya penggantian oli dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan mesin akibat dari penumpukan kotoran dan lumpur pada mesin yang menyebabkan oli mesin berwarna hitam. Pemeriksaan air radiator juga penting untuk dilakukan. Pastikan cairan pendingin berada di level antara full dan low untuk menghindari panas berlebihan pada mesin (overheating). Lakukanlah pemeriksaan dalam kondisi mesin dingin dan kondisi off karena akan sangat berbahaya jika membuka tutup radiator saat kondisi panas. Sebagai pemasok tenaga listrik untuk menghidupkan mesin dan perangkat listrik, Pastikan terminal baterai tidak berkarat dan tidak mengalami gangguan. Pastikan pula air destilasi telah memadai antara garis upper level dan lower level.

Yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan berkala pada power steering, minyak rem, dan air pendingin mesin. Minyak pelumas perlu diperiksa secara rutin supaya mesin dan komponen lainnya bisa bekerja secara maksimal. Sedangkan untuk pemeriksaan oli transmisi dan oli garden bisa dilakukan pada saat service berkala di bengkel.

Demikian beberapa tips untuk merawat kendaraan anda. Rawatalah mobil toyota pribadi anda secara rutin supaya kondisinya selalu prima
Semoga bermanfaat
 
gan ganti oli berapa hari sekali gan ?

untuk mengetahui kapan ganti oli ini cara mengetahuinya yaitu dengan melihat jarak yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut. jarak yang paling aman untuk melakukan pergantian oli yaitu setiap 3000km. tapi banyak jenis mobil yang mampu bertahan hingga 7500km bahkan hingga 20.000km tapi untuk lebih amannya lakukan setiap 3000km sekali
 
Back
Top