Mirai Mobil Berteknologi Toyota Fuel Cell System (TFCS)

icedeath

New member
5.jpg
Toyota Motor Corporation sebagai salah satu produsen mobil terbesar kembali menghadirkan inovasi terbaru di dunia otomotif. Kali ini Toyota dengan bangga memperkenalkan mobil dengan teknologi Toyota Fuel Cell System (TFCS), yang merupakan gabungan antara teknologi fuel cell dan hybrid. Mobil tersebut diberi nama Toyota Mirai, yang dalam Bahasa Indonesia berarti masa depan.Mirai menggunakan hidrogen sebagai tenaga penggerak yang disimpan dalam tangki khusus. Bila tangki tersebut diisi, hidrogen akan bertemu dengan oksigen yang ada di dalamnya sehingga menghasilkan reaksi berupa listrik. Listrik inilah yang kemudian berfungsi untuk menggerakkan mobil melalui motor listrik yang ada di roda. Dalam proses ini tak ada CO2 maupun SOC (substance of concern) yang dihasilkan, sehingga emisi yang dikeluarkan pun bukan berupa asap, tapi hanya air.

Berbicara mengenai isi ulang, seperti halnya mobil berbahan bakar BBM, Mirai hanya butuh waktu 3 sampai 5 menit hingga isi tangki penuh. Dengan isi penuh tersebut mobil bisa berjalan hingga 300 mil atau 650 km. Bandingkan dengan mobil listrik (electric car). Mobil listrik sekali isi ulang membutuhkan waktu berjam-jam, minimal 1 jam bila menggunakan quick charge. Jarak tempuhnya pun pendek, hanya antara 100 hingga 160 km.

20-artikel-10-940.jpg
Selain mesinnya yang berteknologi tinggi, tampilan Mirai pun tak kalah canggih dan gaya. Dengan konsep water drop countour, sedan Mirai terkesan lebih mewah dan eksklusif, apalagi dengan adanya velg 17 inci dengan baut yang tersembunyi. Bentuk sedan ini dipilih karena lebih rumit dan ramah lingkungan dibandingkan dengan minivan atau SUV. Selain itu sedan juga sesuai dengan motto yang diusung oleh Toyota, yaitu fun to drive.

Mirai telah dipasarkan sejak Desember 2014 di Jepang, menyusul di Amerika Serikat (khususnya California) dan Eropa tahun 2015 ini. Tersedianya stasiun isi ulang hidrogen menjadi salah satu alasan kenapa Amerika dan Eropa menjadi wilayah pemasaran Mirai berikutnya. Jepang sendiri sebagai tuan rumah baru memiliki 20 unit stasiun isi ulang hidrogen.

thanks gan udah mampir
 
gan mobil toyota ini pake bahan bakar hidrogen ya ? kalo gak salah hidrogen itu air ya ? apa bener gan mobil ini pake bahan bakar air biasa ? apa bahan bakarnya namanya hidrogen ?
 
gan kok hanya dipasarkan dijepang aja dan masih akan dipasarkan ke amerika dan eropa lalu kira2 kapan gan dipasarkan diindonesia ?
 
Back
Top