Mengenal Hybird Synergy DriveToyota

lenka02

New member
welcome_zps456421ee.jpg

ctn_6C91C3DE6DF621D8AB1179733C7B9177.jpg
Hybrid Synergy Drive adalah suatu teknologi mobil hybrid yang dikembangkan oleh pabrikan otomotif Toyota, dan sudah diterapkan di beberapa produk Toyota seperti Auris, Prius, Highlander Hybrid, Camry Hybrid, Estima, Alphard, Lexus CT, Lexus RX 400h/RX 450h, Lexus GS 450h, Lexus LS 600h/LS 600hL, dan Lexus HS 250h.
Hybrid Synergy Drive merupakan penyempurnaan dari Toyota Hybrid System (THS) yang sudah digunakan di Toyota Prius generasi pertama, 1997 sampai 2003. Generasi kedua, yang disebut THS II, diperkenalkan di Prius generasi berikutnya, tahun 2004. Untuk Lexus, namanya diganti menjadi Lexus Hybrid Drive, mulai tahun 2006. Sistem Lexus Hybrid Drive mempunyai tujuan untuk meningkatkan tenaga dan performa kendaraan dengan efisiensi yang baik pula. Teknologi ini memadukan antara listrik dan bensin sebagai bahan bakar penggerak mesinnya.

Kelebihan pada mesin tipe ini, konsumsi bbm sangat irit karena mesin hanya bertugas menggerakkan generator saja, sementara mobil bergerak dengan tenaga listrik. Namun kekurangannya, performa mobil tidak bisa diharapkan. Yang kedua, sistem hybrid paralel. Mesin bensin pada tipe paralel bertugas sebagai penggerak utama, yang dibantu oleh motor listrik. Kelebihan sistem paralel, performa mobil dapat diandalkan, namun konsumsi bbm tidak akan seirit tipe series.

lexus-ct-200h-hybrid-photo-001.jpg
Toyota menambahkan Power Split Device, yang berfungsi secara konstan mengatur rasio tenaga mesin bensin dan motor listrik ke roda, sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Sehingga, antara mesin bensin dan motor listrik bisa bersinergi untuk menggerakkan mobil. Pada tekonolgi ini pabrikan asal jepang ini menanamkan Inventer sebagai perubah arah listrik searah dari batrai menjadi arus bolak-balik agar dapat menggerakan motor listrik dan mengubah arus bolak-balik dari power unit untuk menjadi arus searah untuk mengisi batrai.

Yang kedua yaitu power unit untuk menghasilkan tenaga yang responsive, efisien bahan bakar dan ramah lingkungan. Batrai yang lebih ringan yang terbuat dari nikel-metal hydride (Ni-MH) dari mobil listrik pada umumnya tapi dapat menghasilkan tenaga tiga kali lebih besar untuk menambah perfoma pada mesin.

Thanks gan udah mampir :salamkenal
 
ane setuju gan dengan teknologi hybird ini gan biar bisa menghemat bahan bakar miyak dan kalau pun sudah habis sudah ada penggantinya
 
sudah gan contoh nya seperti artikel di atas ada gan

Ke depan bisa jadi akan terus berkembang mobil ini. Meskipun untuk mobil lama juga masih terus eksis. Kecuali ada perang besar yang menghancurkan semua mobil dan memulai dari yang baru.
 
Back
Top