Pemanasan Sebelum Bermain Sepak Bola

CarolynG

New member
pemanasan-sebelum-bermain-sepak-bola.jpg


Pemanasan sebelum bermain sepak bola adalah hal yang penting. Jika tanpa pemanasan maka risiko terkilir akan lebih besar. Jika kurang pemanasan juga bisa menimbulkan risiko kram otot saat olahraga. Kram otot ini disebabkan oleh kurangnya timbunan asam laktat di dalam otot. Pemanasan dapat dimulai dengan berjalan, berlari-lari kecil, atau senam dengan intensitas karena tujuan dari pemanasan adalah untuk meningkatkan frekuensi jantung secara berlahan, sehingga tersedia cukup waktu untuk mengisi otot yang bekerja dengan darah yang kaya akan oksigen.

Pengertian Pemanasan Sebelum Bermain Sepak Bola

Pemanasan sebelum bermain sepak bola merupakan gerakan peregangan dan pelemasan sebelum melakukan latihan atau olahraga utama sehingga otot-otot tubuh meregang dan lemas sehingga ketika melakukan olahraga atau latihan utama tidak mengalami kram atau kejang otot.

Manfaat Melakukan Pemanasan Sebelum Bermain Sepak Bola

1. Menumbuhkan Pola Pikir dan Mental Yang Lebih Positif
Pemanasan sebelum bermain sepak bola tidak hanya untuk persiapan fisik saja, namun juga untuk mempersiapkan mental pemain. Dengan pemanasan maka seorang pemain dapat mempersiapkan mental agar dapat berfikir positif dan tidak grogi dalam menghadapi pertandingan.
2. Meningkatkan Suhu Tubuh
Tujuan meningkatkan suhu tubuh adalah untuk melebarkan kapiler pembuluh darah, manfaatnya yaitu memungkinkan untuk bisa mendapatkan lebih banyak oksigen yang disalurkan ke otot dalam rangka untuk memperoleh energi yang maksimal.
3. Mengurangi Resiko Cedera
Permainan sepak bola adalah permainan yang keras. Jika sebelumnya tidak pemanasan terlebih dahulu maka risiko yang paling sering adalah cedera. Untuk mengurangi resiko cedera pemanasan yang terbaik adalah mempersiapkan pemanasan dengan melatih kelentukan persendian dan otot-otot tubuh.
4. Meningkatkan Detak Jantung Secara Bertahap
Pada saat bermain sepak bola otot membutuhkan oksigen yang lebih banyak dari biasanya. Jantung dituntut untuk berdetak kencang memompa darah yang disalurkan ke setiap otot di bagian anggota tubuh. Untuk menyesuaikannya, maka detak jantung dapat dilatih berdetak cepat dengan cara pemanasan agar pada saat bermain jantung tidak kaget.

Bagian Tubuh Yang Wajib Melakukan Pemanasan

1. Pergelangan Kaki
Bagian pergelangan kaki sangat berperan dalam bermain sepak bola apalagi saat menendang, menggiring atau mengontrol bola. Bagian ini juga yang sering mengalami cidera saat bermain sepak bola. Pemanasan untuk pergelangan kaki akan sangat membantu mengurangi potensi cidera. Lakukan gerakan memutar pergelangan kaki dengan tumpuan ujung kaki ke arah kanan dan kiri, pastikan sampai anda rileks dan pergelangan tidak terasa kaku.
2. Betis
Bagian kaki yang satu ini rawan akan cidera. Biasanya cidera berupa kram atau otot tertarik. Untuk pemanasannya cukup dengan melakukan lari-lari kecil sebelum bermain.
3. Lutut
Bagian lutut juga perlu mendapat porsi pemanasan yang cukup. Pada bagian ini sering terjadi benturan, apalagi lutut juga berfungsi untuk menopang tubuh anda saat bermain. Untuk pemanasannya bisa dengan berlari kecil dengan lutut diangkat lebih tinggi (sejajar pinggul) atau squat jump kecil.
4. Otot Paha
Selain bagian-bagian tubuh di atas, bagian lain yang perlu mendapat pemanasan adalah otot paha. Otot paha adalah pemberi kekuatan saat kita menendang bola. Mungkin kerja otot ini lebih berat dibanding otot-otot lain saat bermain sepak bola. Untuk itu sebaiknya jangan lupakan memberi porsi pemanasan yang cukup untuk bagian ini. Pemanasan bisa dilakukan dengan melakukan peregangan dibagian otot paha ini, misalnya mengangkang kemudian tubuh direndahkan sehingga bertumpu di lutut, badan dipalingkan ke kiri atau kanan sehingga terasa tarikan di paha terutama paha bagian bawah. Atau bisa juga dengan mengangkat paha dan lutut sampai menempel perut, kemudian tarik lutut ke samping sehingga terasa tarikan di paha. Kombinasi lainnya terserah anda, yang intinya berfokus pada perenggangan otot paha.

Dampak Buruk Tidak Melakukan Pemanasan.

Dengan adanya pergerakan anggota tubuh, sudah barang tentu harus ada kestabilan stamina dan kondisi badan yang fit untuk menghindari terjadinya cidera pada otot dan persendian. Oleh karena itu jika tidak melakukan pemanasan dikhawatirkan otot yang berfungsi mengalirkan darah akan kaget dan bisa terjadi dampak buruk pada diri kita seperti cidera lutut, sesak nafas, dan bahkan pingsan pada saat berolahraga.

Dengan melakukan pemanasan sebelum bermain, pemain sepak bola dapat melakukan adaptasi dengan iklim yang mungkin berbeda dengan iklim dimana dia biasa bermain di daerah asalnya. Berapa lama dan berapa berat saya harus melakukan pemanasan ? Sebaiknya pemanasan dilakukan minimal 10 menit. Namun kebutuhan individu berbeda-beda dan tidak ada kepastian mengenai hal tersebut. Kondisi lingkungan seperti suhu dan kelembaban harus dimasukkan dalam perhitungan. Sebagai pedoman umum, lakukanlah pemanasan selama kurang lebih 10 hingga 20 menit dengan intensitas yang memadai sampai mengeluarkan keringat. Keringat menandakan meningkatnya suhu otot.

Baca selengkapnya di: http://caraalami.xyz/pemanasan-sebelum-bermain-sepak-bola/
Sumber: http://caraalami.xyz/
 
Back
Top