Obat Penurun Kolesterol

CarolynG

New member
obat-penurun-kolesterol.jpg


Kolestrol

Adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Beberapa Ciri Penderita Kolesterol Tinggi

1. Nyeri pada kaki
Gejala umum dari kolesterol adalah klaudikasio, yakni nyeri pada bagian kaki atau timbul rasa tidak nyaman di bagian kaki. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya arteri sehingga aliran darah yang seharusnya masuk ke kaki menjadi terhambat. Sebagian orang melaporkan bahwa kakinya terasa berat atau letah ketika digunakan.

2. Kram di malam hari
Rasa sakit akan hilang jika posisi kaki digantung atau berada lebih tinggi dari posisi badan. Mudahnya, Anda hanya perlu mengangkat kaki ketika tidur selama beberapa menit hingga kram yang muncul hilang secara perlahan. Kaki bisa Anda sandarkan pada dinding.

3. Proses pemulihan luka yang lamban
Gejala kolesterol yang satu ini berkaitan dengan ciri-ciri penderita diabetes, luka (terutama di bagian kaki) akan lama sembuhnya. Penurunan sirkulasi menjadi penyebab luka lamban pulih, atau meski cepat tapi tidak langsung sembuh total.

4. Lesu disertai migrain
Meski bukan gejala yang pasti terjadi, tetapi jika dilihat dari pemicunya yaitu terganggunnya proses metabolisme lemak tentu juga berdampak pada sistem pencernaan. Makanan yang dikonsumsi tidak berhasil dicerna dengan baik sehingga menumpuk pada saluran pencernaan. Rasa kenyang yang timbul akan mengirimkan sinyal pada otak untuk tidak menambah asupan dari luar, sehingga muncul lesu dan bahkan disertai migrain karena sebetulnya tubuh dalam keadaan kekurangan energi.

5. Kelebihan berat badan
Selain gas, tentu lemak juga ikut menumpuk di daerah perut sebagai efek samping dari terganggunya metabolisme lemak. Dengan begitu, berat badan akan meningkat dan mengakibatkan kegemukan karena sel-sel lemak semakin banyak, bahkan berpotensi terhadap obesitas.

6. Jantung terasa sakit atau mengalami palpitasi (berdebar-debar)
Berlebihnya kolesterol akan menghambat sirkulasi darah karena terjadi penyempitan pembuluh darah pada bagian tubuh yang memiliki kolesterol tinggi. Karena aktivitas tersebut akan memberikan sinyal ke jantung untuk bekerja memompa darah lebih keras agar mengalir secara normal. Efek samping yang dirasakan oleh penderita adalah rasa sakit di jantung dan terkadang merasa berdebar-debar seperti orang panik.

Obat Penurun Kolesterol Alami

1. Buah Alpukat
Buah ini dipercaya mampu mengatasi kolesterol karena kandungan asam pantotenat, asam folat, dan beragam vitamin lainnya yang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Tidak dipungkiri juga beberapa kandungan lainnya seperti asam lemak tak jenuh serta serat, glutation, magnesium, dan lain sebagainya ikut memperkuat manfaatnya. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah alpukat adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Namun ada juga yang lebih menyukainya dalam bentuk jus atau smoothie.

2. Buah Belimbing
Dipercaya sebagai obat tradisional kolesterol tinggi. Serat dari buah ini dapat membantu proses penyerapan lemak sekaligus menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Kandungan vitamin C dari buah ini juga memiliki efek positif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Belimbing manis juga berfungsi sebagai anti-kanker. Buah ini dapat dimakan secara langsung atau dijadikan jus.

3. Kubis
Sayuran ini kaya akan kandungan protein, air, serat, lemak, dan lain sebagainya yang bermanfaat secara positif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain sebagai sayur, kubus juga bisa diolah dan diambil sarinya. Caranya adalah dengan memotong-motong kubis dan mengambil sari dari bahan tersebut. Sari kubis bisa dikonsumsi setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bagi yang tidak suka rasa kubis, anda bisa mencampur atau mengolahnya dengan beragam bahan lain atau dengan resep yang ditemukan sendiri.

4. Akar Manis
Tanaman ini pada dasarnya berguna karena kandungan triterpenoid dan juga bahan-bahan lain seperti biotin, asam sinapic, dan juga beta-sitoterol. Proses pembuatan ramuan bisa direbus dan dicampur dengan air. Saringan dari rebusan akar manis bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan kandungan kolesterol. Ada juga beberapa orang yang memanfaatkan ahli gizi untuk menurunkan kolesterol dengan lebih cepat dan efisien juga.

5. Kulit Manggis
Buah manggis adalah salah satu jenis buah untuk obat penurun kolesterol. Beberapa penelitian menyebutkan jika terapi jus kulit manggis ternyata sangat baik dalam membantu memelihara kesehatan organ jantung. Adanya kandungan senyawa baik didalam herbal kulit manggis ini bisa membantu mengobati berbagai resiko penyakit diantaranya adala kolesterol tinggi.

6. Kacang
Jika Anda sedang mencari yang makanan ringan yang sempurna yang menurunkan kadar kolesterol, penelitian menunjukkan bahwa Anda harus mengkonsumsi kacang. Kacang almond dan kacang mete adalah pilihan yang baik lainnya. Selain karena kacang, jantung menjadi sehat kacang juga tinggi kalori.

7. Teh
Sementara teh telah menjadi terkenal karena antioksidan pelawan kanker, itu juga merupakan pertahanan besar terhadap kadar kolesterol. Menurut penelitian, teh hitam telah terbukti mengurangi lemak darah hingga 10% hanya dalam 3 minggu. temuan ini disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang bagaimana teh juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

8. Bayam
Makanan hijau populer ini merupaka obat penurun kolesterol yang mengandung banyak lutein, lutein ini terkandung dalam sayuran berdaun hijau dan kuning telur. Lutein sudah terbukti bisa menjaga terhadap degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan. Sekarang penelitian menunjukkan bahwa hanya ½ cangkir makanan kaya lutein sehari-hari juga penjaga terhadap serangan jantung dengan membantu dinding arteri penyerbu kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.

Penderita kolesterol tinggi perlu memperhatikan pola makan dan mengkonsumsi obat penurun kolesterol. Makanan penurun kolesterol tinggi dapat disajikan dalam menu makanan sehari-hari. Sajian menu dengan gizi seimbang, mengutamakan sayuran dan buah yang banyak mengandung serat, merupakan solusi sederhana untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan lemak jahat dari tubuh.

Sumber: http://caraalami.xyz/
 
Last edited by a moderator:
Back
Top