Cara Merawat Genset

neo1024

New member
Kamu pasti sudah mengenal genset bukan? Genset merupakan alat yang banyak di kenal oleh masyarakat sebagai penghasil listrik. Kebanyakan dari genset itu digunakan di rumah rumah yang ada pada pedesaan, took-toko, perusahaan dan juga diberbagai tempat industry. Genset merupakan singkatan dari generator set, dan juga alat seperti ini membutuhkan perawatan khusus seperti kebanyakan peralatan yang lainnya agar bisa selalu bekerja optimal dan juga terawatt untuk jangka panjang.

Karena dengan perawatan yang tepat genset bisa menjadi lebih awet dan memiliki kinerja yang awet. Berikut ini ada beberapa tips menarik agar kinerja genset dirumah kamu tetap bekerja dengan maksimal dan tetap terawatt:

Jagalah Kebersihan Genset

Dengan kita memberikan perawat khusus pada genset yang kita miliki, maka genset milik kita akan terlihat lebih bagus dan juga bisa bekerja dengan lebih optimal. Rawatlah dengan cara selalu menjaga kebersihannya, baik itu dari kotoran, debu, air yang menempel pada genset, minyak, bekas oli dan lainnya. Terutama perhatikan pada bagian radiatornya, karena hal ini yang paling mempengaruhi pada keawetan genset.

Letakkan Pada Tempat yang Kering

Genset merupakan alat yang harus kita perhatikan tata letak penempatannya, karena jika kita menaruhnya secara sembarangan. Maka air hujan dan juga terik sinar matahari bisa saja membuat mesin ini menjadi berumur pendek. Jadi anda harus benar benar mencari tempat yang kering dan juga tidak terkena sinar matahari, agar genset yang anda miliki bisa lebih awet.

Perhatikan Sparepartnya

Ketika anda sudah menggunakan genset dalam waktu tertentu maka ada beberapa sparepart genset yang perlu anda ganti karena sudah aus. Terlebih lagi apabila suara dari mesin genset sudah berbeda dan juga kinerjanya sudah tidak optimal, maka anda harus mengganti komponen genset tersebut sebelum hal itu membuat komponen genset yang lainnya ikut rusak dan membuat genset yang kamu miliki ini mati total.
Untuk mengetahui komponen apa saja yang harus diganti dan kapan menggantinya, maka kamu bisa melihatnya pada buku panduan yang kamu dapatkan pada saat pertama kali membeli genset tersebut.

Operasikan Genset dengan Benar

Ketika anda mendapatkan genset baik itu genset bekas ataupun genset yang baru. Maka jika anda ingin menggunakannya pastikan anda benar benar mengetahui dengan pasti bagaimana cara menggunakannya, agar tidak terjadi kerusakan mendadak pada genset dikarenakan minimnya pengetahuan yang kamu miliki. Baiknya anda membaca dulu buku manualnya atau bisa juga bertanya pada orang yang sudah memahami betul cara menggunakan genset model tersebut.

Pastikan terdapat Sirkulasi Udara yang Baik

Jika kamu meletakkan genset yang kamu miliki pada sebuah ruangan, maka pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena hal ini bertujuan agar gas buangan dari hasil pembakaran genset yang ada pada knalpotnya bisa terbuang dengan baik. Dengna kamu memperhatikan sirkulasi udara yang baik ini, kamu bisa menghindari adanya racun pada udara, dan juga menghindarkan genset agar tidak mudah panas.
Langsung Matikan Genset Apabila ada Hal Mengganjal
Jika saat kamu menghidupkan genset kamu menemukan hal yang tidak wajar, seperti suara genset yang berbeda dari biasanya, atau getarannya lebih keras daribiasanya, baunya berbeda dan lain lain maka kamu harus segera mematikan genset tersebut agar tidak terjadi kesalahan yang lebih fatal, kemudian lakukan pengecekan secara teliti hingga kamu menemukan penyebabnya.

Semoga bermanfaat
 
Last edited:
Trik menghilangkan kutu rambut

a991021cb17f4572930ca700a58e68af.png
Sebenarnya cara menghilangkan kutu rambut itu sangatlah mudah, cuman untuk cara mengatasi telur kutu rambut itu yang cukup sulit. Meskipun begitu, kamu tak usah khawatir karena berikut ini ada berbagai macam bahan alami yang bisa dipakai untuk menyelesaikan semua masalah tersebut.


1. Almond

Almond merupakan herbal natural yang cukup efektif untuk mengatasi kutu di rambut dan telurnya secara alami. Tak hanya membantu mengurangi kutu rambut saja, tetapi almond juga dapat membantu merawat kondisi rambut kamu secara alami.

Tips menanggulangi kutu rambut dengan almond:

- Awalnya rendam terlebih dulu 10 biji almond dalam air selama 1 malam.
- Saat pagi harinya, kupas biji-biji almond tadi Setelahnya tumbuk dengan menggunakan bantuan cobek atau blender hingga membentuk krim pasta.
- Selanjutnya berikan sedikit perasan jeruk nipis atau lemon, campur hingga merata.
- gunakan krim tadi secara merata keseluruh bagian kulit kepala kamu.
- Usap sejenak selama 10 menit Lalu Biarkan sekitar 2 jam.
- Sudahi dengan keramas memakai air dingin hingga tidak ada lagi yang tersisa (bisa keramas).

Aturan: lakukan pengobatan di atas dengan rutin 1 minggu maksimal 1 kali saja, dalam 2 bulan kutu yang mengganggu dapat mati dengan sendirinya.

2. Alkohol

Alkohol memiliki kandungan senyawa isopropil atau alkohol absolut sebesar 70 persen lebih. Senyawa ini amatlah bermanfaat untuk mengatasi kutu di rambut juga telur-telurnya, bergantung dari keberanian kamu memakai alkohol ini.

Teknik natural mengatasi kutu rambut dengan alkohol:

- Awalnya siapkan terlebih dahulu suatu mangkok atau tempat
- Tuang alkohol seperlunya kedalam wadah tersebut.
- Selanjutnya pakai jari-jari kamu guna menggunakan alkohol pada daerah kulit kepala sampai rata.
- Jangan langsung di kramas, Diamkan sebentar selama 30 menit, Kemudian sisir dengan memakai sisir khusus kutu.
Jika rambut Anda rontok, gunakan obat penumbuh rambut alami biar rambut kembali panjang.
- Biasanya kutu secara langsung akan berjatuhan, setelah dirasa cukup bilas alkohol tadi dengan memakai bantuan air dingin sampai bersih.

Ketentuan: gunakan paling banyak hanya 1 kali dalam 1 minggu selama satu sampai 2 bulan. Waspada pemakaian secara berlebihan soalnya akan membuat gangguan.

3. Jus lemon

Lemon ialah bahan alami yang mempunyai sifat asam cukup tinggi. Senyawa asam pada lemon itulah yang sangat berkhasiat untuk mengurangi kutu rambut secara tuntas.
Sementara itu, perawatan model ini juga bisa cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Soalnya jus lemon ini sangat aman dan gampang digunakan. Artikel cara membuat masker lemon untuk rambut.

Cara mengatasi kutu rambut dengan jus lemon:

- Siapkan terlebih dahulu 1 buah lemon fresh dan cuka.
- Peras lemon itu dalam sebuah baskom, Lalu basuhkan sampai rata kesemua daerah kulit kepala
- Urut perlahan sekitar kurang lebih 10 menitan
- Biarkan sejenak selama 40 menit, Lalu keramas dengan air hangat dicampur cuka sampai bersih.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat dibilang sebagai golongan minyak yang memiliki banyak kegunaan untuk manusia. Selain dapat menolong memelihara kulit secara alami, minyak zaitun dapat juga amat manjur untuk mengurangi kutu rambut.
Cara alami mengatasi kutu dengan minyak zaitun:

- Sebelum membalurkan bersihkan dulu rambut kamu.
- Tepat sebelum tidur, berikan minyak zaitun tersebut secara rata keseluruh bagian kepala.
- Agar bisa meresap dengan cepat, pijat-pijat kulit kepala sebentar saja.
- Lindungi kulit kepala dengan memakaikan topi shower, Setelahnya tidurlah secara terlentang.
- Sewaktu pagi hari, bersihkan minyak zaitun itu dengan memakai air dingin (bisa dengan keramas).

5. Bawang merah

umumnya bawang merah biasa kita gunakan untuk masak, tetapi siapa sangka zat sulfur putih yang berada dalam penyedap masakan satu ini bisa amat berkhasiat untuk mengurangi kutu di rambut.

Cara menyelesaikan kutu di rambut menggunakan bawang merah:

- Pada awalnya Sediakan 4 sampai dengan 5 bawang merah, Setelah itu hancurkan sampai lembut
- Apabila telah menjadi pasta, peras tumbukan bawang itu dengan memasukannya ke dalam kain terlebih dahulu.
- Lalu balurkan minyak bawang merah itu sampai merata kesemua bagian rambut, urut sebentar sekitar lebih kurang 10 menit.
- Setelah itu tutup rambut menggunakan handuk basah hangat sekitar 2 jam
- Selanjutnya, rapikan rambut dengan memakai sisir khusus kutu. Kutu yang sudah wafat dapat jatuh dengan sendirinya.
 
Back
Top