Ini Dia Karakteristik Seorang Pemimpin yang Baik, Kamu Termasuk?

tukangkayu69

New member
5 Karakteristik Seorang Pemimpin yang Baik

Apakah seorang pemimpin itu? Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan bakat yang besar dalam suatu hal yang mampu mempengaruhi orang lain untuk bekerjasama dengan efisien untuk mencapai tujuan. Seorang pemimpin adalah juru kunci dari sebuah perusahaan atau kelompok. Tanpa seorang pemimpin, aktifitas akan berjalan secara anarki atau leaderless yang dapat dijamin perusahaan atau kelompok tersebut tidak akan bertahan lama.

Kepemimpinan adalah fenomena unik yang ada ratusan tahun yang lalu sejak ras manusia telah berkembang menjadi lebih tertata dan modern. Sejak itu, semua kelompok akan secara alami mempunyai sosok pemimpin untuk mengembangkan kebudayaan dan aktifitasnya. Fenomena ini terus berjalan hingga sekarang dimana seorang pemipin dibutuhkan untuk menjalankan negara, perusahaan atau kelompok.

Namun bukanlah hal yang mudah untuk menjadi seorang great leader. Banyak sekali kriteria untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu dan memenuhi syarat. Untuk memperoleh kepemimpinan, banyak orang mengikuti kursus dan pelatihan kepemimpinan untuk mendapatkan kemampuan kepemimpinannya. Faktanya, tidak semua orang bisa menjadi seorang pemimpin, hanya orang yang memiliki kemampuan, bakat dan performa yang baik yang dapat menjadi seorang pemimpin. Berikut adalah beberapa ciri-ciri atau karakteristik dari seorang pemimpin:

1. Kompetensi

Kemampuan dan bakat merupakan hal yang wajib bagi seorang pemimpin. Tanpa adanya kompetensi, seorang pemimpin akan mudah dilangkahi oleh bawahannya atau orang lain. Seorang pemimpin harus pintar dan cerdas dalam bidangnya. Biasanya kompetensi ini didukung dengan pengalaman pribadi yang dimiliki pemimpin tersebut. Mempunyai banyak pengalaman tentunya sangat mendukung seseorang untuk menjadi pemimpin yang sukses. Kemampuan + bakat + pengalaman = kombinasi sempurna yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Kemampuan yang setengah-setengah tidak akan membantu sesorang untuk menjadi pemimpin yang baik, oleh karena itu seorang pemimpin harus memiliki kompetensi yang tinggi untuk memimpin bawahannya untuk mencapai target.

2. Konsistensi

Memiliki konsistensi juga hal yang penting bagi seorang pemimpin. Jika seorang pemimpin terus berubah maka perusahaan tidak akan berjalan dengan baik ke depannya. Pemimpin harus fokus kepada isu kritis, brand perusahaan, visi dan misi serta proses pengambilan keputusannya. Dengan begitu perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan efisien, dengan catatan jika konsistensi dapat dijalankan dengan baik dan benar. Dengan bersikap konsisten akan membantu masa depan perushaan pula dalam cara kerja dan budaya perusahaan untuk menjadi lebih baik. Bahkan dapat juga membuat perusahaan berhasil untuk memiliki banyak klien dan proyek. Untuk kelompok, dengan adanya konsistensi akan membantu kerjasama dan dinamika kelompok supaya tetap stabil. Jika seorang pemimpin dapat menjaga konsistensinya maka akan memberikan contoh yang baik kepada rekannya untuk melakukan hal yang sama.

3. Future Oriented

Seorang pemimpin yang baik memiliki banyak imajinasi mengenai bagaimana perusahaan akan dibawa ke depannya dan bagaimana langkah-langkahnya. Tidak akan menjadi bijaksana jika seorang pemimpin hanya memikirkan langkah pendek, namun harus juga memikirkan langkah panjang dari perusahaan. Pemimpin akan berhasil memimpin koleganya untuk mengatasi semua tantangan yang ada dan merubahnya menjadi strength dari perusahaan tersebut. Tentunya pemimpin tidak akan berdiri sendirian, namun juga dibantu oleh para rekan yang memilki peran yang besar pula. Dengan memngimajinasi masa depan perusahaan, seorang pemimpin dapat mengemasnya menjadi ide yang bagus dan menyampaikannya ke forum untuk dapat dilaksanakan bersama.

4. Sikap Positif

Seorang pemimpin memiliki sikap yang berbeda. Sikap peduli,. Prihatin dan jujur merupakan sedikit dari contoh karakter positif pemimpin. Karakter ini tergantung dari personalitas pemimpin itu sendiri. disinilah poin apa yang membedakan orang menjadi seorang pemimpin, yaitu kemampuannya untuk mempengaruhi orang lain dengan sikap positif. Jika seorang pemimpin hanya pintar dan cerdas saja tidak cukup untuk menjadi pemimpin yang baik. Seorang pemimpin yang baik harus mampu untuk bergaul dengan rekan dan orang lain, bahkan juga masyarakat. Dengan begitu ia akan dapat mempertahankan powernya untuk menjadi seorang leader supaya pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan dapat memperoleh kesuksesan.

5. Funny

Ini adalah karakter tambahan dari seorang pemimpin. Menjadi lucu, ramah dan mudah untuk didekati adalah keuntungan besar dari leadership untuk membangun hubungan yang erat dengan rekan dan bawahan. Seorang pemimpin yang baik tidak perlu harus memiliki selera humor yang tinggi, namun dengan tersenyum, rendah hati dan personalitas yang hangat sudah sangat melengkapi karakter pemimpin yang baik. Karakter ini merupakan karakter pelengkap yang sangat penting, yaitu mengenai bagaimana seorang pemimpin memeluk para rekannya supaya ia dapat memahami kondisi perusahaan dengan baik dan bukan merupakan pemimpin yang kaku.

Seorang pemimpin harus dapat merangkul semua orang, dan juga rendah hati. Karakter ini dapat menjadi parameter bagaimana seharusnya pemimpin yang baik akan bersikap. Seorang pemimpin tidak perlu menjadi sombong, menakutkan dan mengintimidasi, namun dengan pendekatan personal dan langsung yang ramah adalah sikap the true leader. Apakah Anda salah satu pemimpin yang baik?
 
Last edited:
waaah saya belum termasih dari kategori tersebut. hmmm
mungkin saya akan merubah diri pribadi saya lebih baik lagi
thanks den
 
Back
Top