Pentingnya Program Magang Bagi Mahasiswa

tukangkayu69

New member
Untitled-8.png


Banyak sekali mahasiswa yang beruntung karena mendapat kesempatan magang di perusahaan, instansi pemerintahan, bahkan organisasi internasional. Dengan menjadi pegawai magang, mahasiswa akan banyak belajar tentang dinamika dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Apa saja manfaat dari magang untuk perkuliahan kita?

Belajar Disiplin dan Konsekuen

Tentunya dunia kerja sangat berbeda dari dunia kampus. Semua dikerjakan oleh tangan-tangan professional yang sudah berpengalaman. Dengan menjadi pegawai magang, kita dapat melatih disiplin dan etos kerja kita. Setiap tempat kerja memiliki aturan yang harus ditaati. Tentunya, juga melatih rasa tanggung jawab kita terhadap pekerjaan. Kesempatan seperti ini tidak selalu kita dapatkan di bangku kuliah. Apalagi menyangkut urusan disiplin. Ilmu yang kita dapatkan tentang etika serta perilaku sopan santun saat magang akan membuat kita terbiasa dan sudah tidak canggung lagi ketika nanti memasuki dunia kerja sungguhan. Atau bagi mahasiswa yang menginginkan beasiswa kuliah di luar negeri, disiplin juga merupakan bekal yang sangat penting untuk menyesuaikan budaya di negara tempat kuliah.

Modal Pengalaman

Modal ilmu dan bekal pengalaman sangat penting bagi kaum mahasiswa untuk kelak melamar masuk ke dunia kerja. Dengan melakukan program magang, kita akan memiliki tambahan nilai dimata perusahaan atau instansi terkait. Apalagi, jika pengalaman ini di dukung dengan pengetahuan kita tentang seluk beluk dunia kerja yang kita inginkan. Calon boss kita tidak hanya yakin terhadap potensi yang kita miliki, tapi juga kegigihan kita sebagai calon karyawan.

Menambah Jaringan

Program magang akan memberikan kita kesempatan untuk beradaptasi dan berkenalan dengan orang-orang baru serta lingkungan baru. Kita akan secara otomatis bergaul dengan orang-orang yang bekerja secara professional dan matang, sehingga pola komunikasi dan berpikir kitapun akan berkembang ke arah yang lebih professional juga.

Meningkatkan Kualitas Diri

Dengan menjalani program magang, maka semua ekspektasi kita juga akan berkembang. Kita akan memiliki pola pikir yang lebih dewasa serta berusaha untuk memaksimalkan potensi diri. Kita juga akan lebih matang didalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan perkuliahan dan pekerjaan.

Demikianlah beberapa manfaat magang untuk mahasiswa perkuliahan. Manfaat dari magang yang mungkin paling terasa adalah kita bisa mengerti bagaimana dunia kerja yang sebenarnya. Kita bisa membandingkan materi kuliah yang diberikan dengan realita yang terjadi. Dengan demikian saat kita lulus dari universitas, paling tidak kita sudah mempunyai gambaran tentang dunia kerja dan juga apa yang kita mau.

Selamat mencoba!
 
Last edited:
yang pasti itu biar kita nggak kaget kalau masuk ke lingkungan kerja, karena rasanya antara lingkungan kerja dan lingkungan akademik itu sangat berbeda,,

kalau kita nggak pernah magang, tau tau masuk ke lingkungan kerja, maka akan sulit beradaptasi, jadi penting bwt mahasiswa agar mengambil program magang, kalau bisa jangan hanya sekali, tapi bisa dikerjakan sambil ngisi masa liburan semester,
 
Back
Top