Spurs Dipecundangi Newcastle

Adamsuhada

New member
Tottenham Hotspur kehilangan kembali kesempatan mendekati zona Liga Champions setelah menelan kekalahan di kandang sendiri dari Newcastle United, Minggu (14/1/2007) malam WIB.

Walaupun sempat unggul hingga dua kali, namun tim asuhan Martin Jol terpaksa gigit jari karena di akhir pertandingan tercatat sebagai tim pecundang dan kalah 2-3.

Kekalahan ini membuat posisi Spurs di klasemen sementara Liga Inggris menuju ke papan tengah, turun satu peringkat ke urutan delapan. Dari 23 partai, klub London ini menorehkan 32 angka.

Mereka digusur Everton yang beberapa jam sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan Reading. Sementara Newcastle, yang pekan lalu menahan Manchester United 2-2 di St James Park, naik ke posisi 11 dengan koleksi 29 poin.

Spurs tampil ofensif sejak kickoff. Tiga kali mereka melakukan shot on goal ke jantung pertahanan Newcastle, tapi upaya Jermaine Defoe, Dimitar Berbatov, dan Steed Malbranque masih bisa digagalkan kiper Shay Given.

Baru di menit 14 serangan tuan rumah berbuah gol. Meneruskan umpan Malbranque, Defoe lolos dari posisi offside sebelum menggetarkan gawang tim tamu.

Newcastle dengan cepat menyamakan kedudukan. Hanya dalam selang dua menit, Paul Huntington menceploskan bola ke jala Spurs via rebound, setelah sundulannya menyambut free kick James Milner sempat diblok kiper Paul Robinson.

Spurs memimpin lagi setelah babak kedua berjalan sembilan menit. Gol tersebut lahir dari kerja sama di antara Malbranque dan Pascal Chimbonda dalam melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan.

Setelah tendangan Teemu Tainio diblok Nolberto Solano, Berbatov melakukan tendangan voli mendatar yang tak mampu dihadang Shay Given.

Keasyikan menyerang, Spurs kecolongan dua gol hanya dalam 90 detik. Di menit 72 striker Newcastle, Obafemi Martins, mengalahkan pengawalnya Michael Dawson untuk merobek jala Robinson dengan tendangan kaki kiri yang keras.

Belum hilang kekecewaan publik White Hart Lane, Spurs kembali kecolongan gol di menit berikutnya. Dari sudut sempat di dalam kotak penalti, Nicky Butt melakukan tembakan ke sudut jauh yang tak bisa dihadang Robinson.

Susunan pemain:
Tottenham: Robinson, Chimbonda, Lee, Dawson, Davenport (Ghaly 88), Lennon, Huddlestone, Tainio (Zokora 79), Malbranque (Keane 75), Defoe, Berbatov.

Newcastle: Given, Ramage, Taylor, Huntington, Pattison, Solano, Butt, Milner, Dyer, Martins, Sibierski.
 
Back
Top