Tips dan Trik Agar tidak tertipu Sebelum Membeli Pompa Air dengan harga murah !!

PompaAirMurah

New member
Pompa air merupakan peralatan rumah sudah menjadi kebutuhan utama di rumah tangga saat ini.
Ada pompa air membuat kegiatan rumah tangga seperti mencuci, mandi atau menyiram tanaman menjadi lebih mudah.

Ada banyak sekali penjual ataupun toko yang menawarkan MESIN POMPA AIR MURAH, dan untuk Memilih pompa air sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal yang perlu diingat adalah jangan gampang tergoda dengan penawaran produk bagus atau harga murah, tapi perhatikan spesifikasi pompa tersebut dengan teliti.


Tips dan Trik Membeli Pompa Air

>. Ketahui sumber air terlebih dahulu

Maksudnya air yang akan di alirkan apakah dari sumur gali, sumur bor, penampungan air atau sumber lain.

>. Berapa tinggi permukaan air dengan pompa
Tinggi permukaan air adalah jarak antara pompa dengan permukaan air. Jarak tersebut dapat Anda tanyakan ke tukang sumur, biasanya mereka sudah berpengalaman atau bisa dengan cara menggantung paku pada seutas tali sampai ke permukaan air dan ukur berapa panjang tali tersebut sampai atas dengan catatan batas bawah dari benang yang basah.

Perkirakan juga waktu musim kemarau atau musim hujan. Pada musim kemarau air akan susut jarak pompa menjauh. Kalau musim hujan permukaan air naik dan hati-hati penempatan pompa jangan sampai terendam air.

Hal tersebut diatas sebaiknya ketahui dulu sebelum pergi ke toko pompa.

>. Spesifikasi daya hisap dan daya dorong Pompa
Bandingkan antara tinggi permukaan air dengan daya hisap pompa. Pilih pompa dengan daya hisap lebih tinggi dari jarak permukaan air. Karena daya hisap yang dicantumkan pabrik adalah daya hisap maximal. Sebagai contoh kalau permukaan air kurang dari 7 meter, gunakan pompa dengan daya hisap 9 meter yaitu pompa sumur dangkal. Begitu juga seterusnya pada jarak permukaan air yang lebih tinggi.

Untuk daya dorong, kalau jarak pendek sekitar rumah biasanya sudah cukup, tapi kalau jarak jauh di hitung tersendiri. Standard tersebut umumnya sama pada semua merek pompa.

>. Daya listrik.

Tentu daya listrik disesuaikan dengan listrik terpasang dirumah Anda. Pada umumnya start awal on menyalakan pompa air memerlukan daya listrik 2 kali lebih besar dari daya listrik normal. Hal lain adalah daya listrik pompa lebih tinggi tidak mempengaruhi daya hisap pompa tersebut. sebagai contoh pompa dengan daya hisap 7 meter dengan listrik 250 watt tidak lebih baik dari pompa dengan listrik 350 watt daya hisap yang sama. Jadi pilih daya listrik lebih rendah agar hemat.

>. Kualitas dan Harga
Kualitas pompa air banyak ditentukan oleh bahan yang digunakan. Pilih bahan yang tahan karat agar tahan lama seperti stainless steel dll.
Bahan berkualitas mempengaruhi harga pompa tersebut. Ini tergantung budget yang Anda punya. Pompa air ada yang harga rendah seperti merek Airlux, Pompe dll. Harga sedang DAB, Panasonic, Shimizu dll. Harga tinggi Sanyo, Grundfos, Hitachi dll.

Sekarang tergantung Anda, ingat harga juga menentukan kualitas.

>. Garansi
Perhatikan garansi, karena barang yang mempunyai garansi berarti pabrik bertanggung jawab dan menunjukan juga kualitas barang tersebut baik.
 
den saya mau konsultasi pompa air dirumah
kok setiap menyalakan pompa airnya ganaik" padahal klep udah terpasang dengan benar, system nyala otomatis juga sudah benar
apa pengaruh tabung yang gaada anginnya yah ?
 
Back
Top