Tips Mudah Mengganti Air Radioator Avanza

kirisagi

New member
radiator2.jpg


Hal yang sangat vital untuk perhatikan namun kadang sering Anda lupakan adalah sistem pendinginan. Sistem pendinginan ini berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu kerja yakni sekitar 90 derajat celcius. Hasil pembakaran di dalam silinder akan menghasilkan panas. Air yang berada didalam sistem pendinginan berfungsi untuk mengambil panas tersebut dan membuangnya di udara.

Apabila sistem pendinginan tidak berfungsi secara optimal, maka tentu dampaknya mesin akan mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Jika hal tersebut sampai terjadi, tentu saja akan berimbas pada rusaknya beberapa komponen mesin. Oleh sebab itu perawatan berkala pada sistem pendinginan perlu dilakukan salah satunya adalah mengganti air radiator mobil secara berkala.
Cara mengganti air radiator pada mobil avanza sebenarnya cukup mudah karena tidak menggunakan peralatan khusus, jadi Anda bisa melakukanya sendiri dirumah. Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti air radiator mobil plus melakukan flushing.

Screenshot_332.png
1.Pastikan kondisi mesin Avanza Anda dalam keadaan dingin. Siapkan air radiator baru (radiator coolant), radiator flusher, ember dan kunci untuk membuka baut tap.

2.Buka tutup radiator yang terdapat di atas radiator lalu buang sedikit airnya dengan membuka baut pembuangan yang berada di bagian bawah. Buang air radiator kira-kira 200 sampai 300 ml saja.

3.Kencangkan baut pembuangan tadi lalu tuangkan radiator flush melalui lubang masuk dibagian atas. Pasang tutup radiator dan hidupkan mesin kurang lebih 15 menit. Biarkan radiator flush bekerja untuk mengikis deposit yang ada di saluran pendingin.

4.Apabila sudah, matikan mesin dan tunggu sampai mesin dingin. Buang seluruh air radiator dengan cara membuka baut pembuangan lagi. Jika sudah pasang kembali baut pembuangan tersebut.

5.Tuangkan radiator coolant yang baru sampai penuh dan isi juga tabung reservoirnya.

6.Hidupkan mesin Avanza Anda lagi agar cairan pendingin bisa merata ke seluruh bagian. Apabila didapati volume radiator berkurang, isi lagi dengan radiator coolant sampai penuh.

7.Agar tidak terdapat gelembung udara dalam sistem, buka tutup bleeding udara sampai coolant keluar.
Cukup mudah bukan? kini mobil Anda sudah siap untuk digunakan baik untuk pergi ke kantor, mengantar anak sekolah atau untuk menempuh perjalanan yang jauh tanpa khawatir mengalami overheat di tengah perjalanan Anda.

Thanks gan udah mampir kesini
 
kalau airnya sampek kering nanti jadinya mesin cepat panas

Kalau air sampai habis, bisa meleleh itu mesin gan, terutama piston dan blok mesin. Maka perlu dicek rutin agar air radiator tetap pas. Kalau bocor langsung diperbaiki saja gan.
 
Back
Top