Cara Membuat Testing Tool Bekerja Lebih Efisien

QUADRA SOLUTION – Perkembangan teknologi dan gaya hidup manusia modern menuntut semuanya serba cepat. Secara tidak langsung ini berakibat kepada pengembangan aplikasi. Pengguna selalu menginginkan aplikasi yang mereka gunakan ter-update secara berkala dan secepat mungkin. Ini tentu memberikan beban baru kepada para pengembang aplikasi atau software termasuk Anda. Tapi bukan berarti fokus Anda berpindah. Bagaimanapun juga, pengguna selalu memilih aplikasi yang menawarkan kualitas terbaik. Walau begitu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya membuat testing tool bekerja secara lebih optimal dan efisien.

Yang pertama terpikir dalam benak Anda adalah menggunakan automation testing tool sebagai solusi atau pilihan terbaik untuk hasil yang lebih cepat dan efisien. Itu benar. Tapi bukan berarti tidak ada cara lain untuk membuat testing tool bekerja dengan efisien. Salah satunya dengan mencari hal-hal yang tidak mungkin diuji secara otomatis dan segera mencari solusi terbaik.

April_5.jpg

Kenapa hal ini bisa menjadi salah satu solusi? Anda sadari atau tidak, banyak waktu, dan tentu saja biaya, terbuang karena Anda hanya bergantung pada pengujian otomatis dan lupa kalau tidak semua aspek dari aplikasi atau fitur yang sedang Anda kerjakan masuk dalam cakupan pengujian otomatis yang Anda dan tim gunakan. Sistem ini biasa disebut dengan sistem paralelisasi. Dimana pada saat bersamaat aplikasi atau fitur tersebut dilakukan pengujian baik dengan menggunakan pengujian otomatis (automation testing tool) maupun pengujian secara manual.

Jika Anda sudah melakukan ini tapi masih ingin meningkatkan kecepatan dan efisiensi kinerja testing tool, pemisahan pengujianmenjadi beberapa tahapan bisa menjadi jalan keluar. Dengan pendekatan ini, Anda dan tim akan menjalan pengujian dalam beberapa tahuan, dimulai dengan siklus tercepat dengan depedensi minimal kemudian beralih ke siklus yang lain. Membagi pengujian ke dalam beberapa tahapan selain membuat kinerja testing tool menjadi lebih efisien juga akan menghemat waktu produksi. Dengan pembagian ini, Anda tidak perlu menghabiskan waktu menunggu keseluruhan pengujian, bukan rahasia kalau pengujian keseluruhan bisa menghabiskan waktu berjam-jam, selesai dilakukan jika menemukan kesalahan atau bug. Setelah pengujian tahapan tersebut selesai, sebelum melakukan pengujian untuk tahapan yang lebih lanjut Anda atau tim bisa melakukan perbaikan terlebih dahulu.

Memberikan update secara berkala dan cepat kepada end user adalah salah satu kelebihan yang akan memberikan nilai tambah bagi aplikasi atau fitur Anda. Tapi kualitas bukan sesuatu yang harus dikorbankan, apapun alasannya.

Sumber
 
Last edited:
Back
Top