Coba Tips Ini Untuk Mendapatkan Beasiswa

Status
Not open for further replies.

tukangkayu69

New member
beasiswa.png


Mencari beasiswa memang susah-susah gampang. Tapi ada cara jitu yang bisa membantu kamu mendapatkan beasiswa impianmu. Dengan tips ini kamu bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri ataupun di dalam negeri, Apa sajakah itu?

1. Riset
Sebelum menentukan mana beasiswa yang kamu mau, pastikan kamu telah mencari tahu detail dari program beasiswa tersebut. Bagaimana prosedur penerimaan programnya, bagaimana peringkat sekolah atau universitasnya, dan kira-kira seberapa besar kesempatan kamu untuk diterima. Semakin dalam kamu mengerti tentang programnya, semakin mudah bagi kamu untuk menentukan strategi belajar dan membuat langkah-langkah lanjutan. Jika kamu belum tahu mana program yang sesuai, kamu bisa mencari di internet tentang mana saja program yang masih tersedia. Kamu bisa mulai dengan nama universitas, sekolah atau negara tujuan kamu dan memulai risetnya dari situ.

2. Logis dan Realistis
Sekali lagi didalam risetmu, cari program yang kamu rasa sesuai dengan kapasitas pendidikanmu. Realistis di dalam mencari tentu saja perlu, sesuaikan kemampuanmu dengan program yang sekiranya sejalan dan memungkinkan untuk kamu dapatkan. Ini penting untuk membangun langkah yang realistis sehingga kamu bisa membentuk ekspektasimu dengan logis.

3. Batas Penerimaan Aplikasi
Catat setiap tanggal penting dari program beasiswa yang kamu incar. Jangan sampai kamu lupa dan kelewatan padahal kamu sudah menyiapkan berkasnya. Semakin cepat kamu menyiapkan dari tanggal akhir, kamu akan semakin matang dalam menyiapkan berkas dan kebutuhan lainnya. Kamu bahkan punya persiapan untuk menyusun rencana B jika yang A tidak berhasil.

4. CV and Application Form
Mempersiapkan formulir dan data diri sangat penting untuk kelancaran aplikasimu terhadap program beasiswa. Tidak hanya menarik, tapi data dirimu harus dibuat jelas dan menjual. Kamu bisa mencari inspirasi desain CV di beberapa website pembuatan CV gratis, atau jika mampu kamu bisa menyewa jasa pembuat desain. Buatlah CVmu didalam bahasa inggris juga. Selain desain, perhatikan juga foto kamu. Foto diri terbaru harus dibuat untuk melengkapi CV yang sudah dibuat tadi. Selalu cek ulang atas kelengkapan berkas, dan siapkan data cadangan.

5. Bersabar
Tidak semua organisasi atau instansi pendidikan memberikan balasan dengan cepat. Apalagi jika kamu mengirim aplikasi beasiswa ke luar negeri, mungkin butuh waktu lama lagi. Jangan khawatir dan bersabarlah. Pengirim aplikasi beasiswa tersebut sangat banyak, tentunya staff disana akan membutuhkan waktu banyak untuk mengevaluasi calon penerima program. Tetap bersabar dan berdoa, ya!

Menunggu diterima atau tidaknya program aplikasi kita tentunya membuat hati tidak tenang. Namun, jika usaha yang kita lakukan selalu maksimal, pasti akan ada hasil yang terbaik. Tetap semangat dan selamat mencoba.
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.
Back
Top