Hati-hati Penggunaan Alat Kesehatan Lokal

rioobes

New member
attachment.php

Sejumlah alat kesehatan saat digelarnya pameran alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (16/10). Acara akan berlangsung hingga 17 Oktober 2015.(Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap para produsen alat-alat kesehatan di Indonesia dapat lebih banyak menjual produk lebih murah di dalam negeri. Dengan demikian, dapat membantu menekan biaya kesehatan serta meringankan beban yang harus ditanggung BPJS Kesehatan.

Jk mengungkapkan, ‎dengan keberadaan industri alat kesehatan di dalam negeri, maka alat-alat penunjang layanan kesehatan di rumah sakit tidak hanya perlu diimpor dari negara lain. Alat-alat tersebut bisa diproduksi di dalam negeri dengan harga jual yang lebih murah sehingga biaya kesehatan pun bisa ditekan.

"Dengan teknologi yang berkembang dengan baik, kita melihat peralatan yang lebih murah (di dalam negeri) supaya kas BPJS juga tidak jebol. Masyarakat kan sudah diasuransikan oleh negara. Sehingga negara berkepentingan atas industri seperti ini. Kita juga tidak ingin ini hanya di kota besar tapi juga untuk layanan kesehatan di daerah-daerah," ujar dia di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/5/2016).


"(Dengan diproduksi di dalam negeri) tentu harga peralatan kami harapkan‎ menjadi lebih rendah ketimbang kita harus impor. Keberadaan alat-alat kesehatan yang diproduksi di dalam negeri ini penting untuk menopang program jaminan kesehatan Kartu Indonesia Sehat," kata dia.

Fahmi menyatakan, dalam biaya layanan kesehatan masyarakat yang ditanggung oleh BPJ‎S Kesehatan, terdapat tiga komponen utama, yaitu jasa layanan, peralatan medis, dan obat-obatan. Jika biaya dari salah satu komponen tersebut bisa ditekan, maka total klaim yang harus dibayarkan oleh BPJS Kesehatan juga bisa menurun.

"Dengan biaya yang lebih rendah tentu akan membuat rumah sakit dan pengelola pembiayaan INA-CBG's‎ lebih efisien. Artinya dengan satu kesatuan paket pengobatan sampai sembuh lebih memudahkan tata kelola pembiayaan INA-CBG's. Ini kan ada komponen jasa untuk tenaga kesehatan, komponen alat untuk pemeriksaan dan ada komponen obat. Dengan begini komponen alat kesehatan akan mengurangi pembiayaan," tandas dia.

SUMBER
 

Attachments

  • lokal.jpg
    lokal.jpg
    36 KB · Views: 90
Back
Top