Kenali Gejala Sakit Maag Kronis Sejak Dini!

itak

New member
Maag kronis termasuk maag yang sudah berada pada tahap serius. Muncul peradangan atau inflamasi diduga karena cedera lambung yang menyebabkan perih dan nyeri berlangsung lama. Kelebihan unsur cairan asam dari lambung mengiritasi selaput lendir yang akhirnya penyakitpun tidak tertahankan.
maag%2Bkronis-min.jpg


Berikut beberapa tanda / gejalanya:

Sakit kepala

Seorang penderita maag kronis akan mengalami gejala sakit kepala berat yang disertai dengan naiknya suhu tubuh, keluarnya keringat dingin, serta gangguan insomnia (sulit tidur).

Timbulnya rasa nyeri pada ulu hati

Ulu hati atau yang disebut eligatrium (epigatric region) terletak pada perut atas bagian tengah. Rasa nyeri pada organ ini biasanya akan disertai dengan nyeri pada dada, penyebab dada sesak nafas, sakit yang menjalar ke bahu dan lengan, serta dapat juga disertai dengan muntah. Nyeri ulu hati merupakan salah satu gejala maag kronis.

Hilangnya nafsu makan

Seorang penderita maag kronis akan mengalami hilangnya nafsu makan pada saat rasa mual mulai muncul. Hal ini seringkali menyebabkan perut kembung, sering bersendawa, serta perubahan warna kulit menjadi pucat. Hilangnya nafsu makan akan dapat mengakibatkan penurunan berat badan pada penderita maag ini.

Pendarahan pada lambung

Seorang penderita maag kronis bisa saja mengalami gejala perdarahan pada organ lambung yang menjadi penyebab muntah darah dengan warna hitam pekat seperti kopi. Dan tak jarang pendarahan organ ini dapat mengakibatkan terjadinya penyebab kematian mendadak.

Timbulnya luka pada mukosa lambung

Penyebab maag kronis ini karena luka pada organ lambung. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan sekresi zat asam pada lambung oleh beberapa jenis pepsin maupun mukus.

Rasa mual dan perasaan ingin muntah yang terjadi dengan intensitas yang lumayan sering

Mual merupakan perasaan yang tidak nyaman yang terjadi pada perut sebelum terjadinya muntah. Hal ini biasanya disertai dengan berkeringat, meningkatnya produksi air liur, serta terjadinya kontraksi secara ritmis pada otot-otot perut.

Jika hal diatas pernah atau bisa sedang anda rasakan, segera tindaklanjuti karena berkepanjangan bisa terjadi komplikasi. Anda bisa menyimak ulasan lain terkait topik yang sama > Cara efektif menghilangkan nyeri ulu hati
 
Back
Top