Vitamin Untuk Ibu Hamil

CarolynG

New member
vitamin-untuk-ibu-hamil.jpg


Vitamin untuk ibu hamil bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat selama kehamilan, makanan harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan.
Janin membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat. Jika sebagai ibu tidak mendapatkan cukup nutrisi dan vitamin dari makanan yang dikonsumsi, suplemen kehamilan dapat menjadi pelengkap dalam diet masa kehamilan.
Beberapa Vitamin Untuk Ibu Hamil
Asam Folat Sebelum Dan Selama Kehamilan
Asam folat penting untuk kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat tabung saraf, termasuk spina bifida. Ibu hamil harus mengkonsumsi satu tablet 400 mikrogram asam folat setiap hari sampai 12 minggu kehamilan.
Anda juga harus makan makanan yang mengandung asam folat (bentuk alami asam folat), seperti sayuran berdaun hijau dan beras merah. Sulit untuk mendapatkan jumlah yang disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat pada masa kehamilan, sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen asam folat.
Dosis Tinggi Asam Folat
Beberapa wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami kehamilan yang dipengaruhi oleh neural tube defect, dan disarankan untuk mengambil dosis yang lebih tinggi dari 5 miligram (mg) asam folat setiap hari sampai 12 minggu kehamilan. Perempuan memiliki risiko lebih tinggi jika:
• mereka atau pasangan mereka memiliki cacat tabung saraf
• kehamilan sebelumnya dipengaruhi oleh neural tube defect
• mereka atau pasangan mereka memiliki riwayat keluarga cacat tabung saraf
• memiliki diabetes
Selain itu, wanita yang menggunakan obat antiepilepsi harus berkonsultasi dengan dokter mereka karena mereka juga mungkin perlu untuk mengambil dosis yang lebih tinggi dari asam folat.
Jika salah satu dari keadaan di atas, hubungi dokter Anda, karena mungkin akan menganjurkan dosis yang lebih tinggi dari asam folat. Dokter atau bidan juga dapat merekomendasikan tes skrining tambahan selama kehamilan.
Zat Besi
Jika kekurangan zat besi, mungkin akan terasa sangat lelah dan mungkin dapat menderita anemia. Sayuran berdaun hijau, daging, buah kering dan kacang-kacangan mengandung zat besi. Jika ingin makan kacang atau makanan yang mengandung kacang (dan selai kacang) selama kehamilan, dapat dilakukan sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang.
Banyak sarapan sereal yang diperkaya dengan zat besi. Jika tingkat zat besi dalam darah rendah, dokter atau bidan akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi suplemen zat besi.
Vitamin D
Vitamin D mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Vitamin untuk ibu hamil ini perlu dikonsumsi selama kehamilan untuk memberikan bayi cukup vitamin D selama bulan-bulan pertama hidupnya. Ibu harus mengkonsumsi suplemen dari 10 mikrogram vitamin D setiap hari ketika sedang hamil dan menyusui.
Pada anak-anak, jika tidak memiliki cukup vitamin D dapat menyebabkan rakhitis (penyakit yang mempengaruhi pertumbuhan tulang pada anak-anak).
Vitamin D ditemukan secara alami dalam ikan berlemak (seperti salmon, mackerel dan sarden), telur dan daging. Beberapa produsen menambahkan beberapa sereal sarapan, produk kedelai, beberapa produk susu, susu bubuk dan lemak menyebar seperti margarin. Sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D dari makanan.
Tubuh kita memproduksi vitamin D saat kulit terkena sinar matahari musim panas. Jumlah waktu yang dibutuhkan matahari untuk menghasilkan cukup vitamin D adalah berbeda untuk setiap orang dan tergantung pada hal-hal seperti jenis kulit, waktu hari dan musim.
Tiamin atau Vitamin B
Meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf. Terkandung pada gandum, sereal, gandum, daging organ, telur, nasi, pasta, buah, kacang-kacangan, daging babi.
Kalsium
Kalsium sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi bayi Anda. seperti ikan sarden susu dan ikan dengan produk tulang dimakan kaya akan kalsium. sereal, buah kering - seperti buah ara dan aprikot - roti, almond, tofu (tanaman protein yang berasal dari kedelai) dan sayuran berdaun hijau - seperti selada air, brokoli dan kubis - sumber lain kalsium yang baik.
Vitamin C
Vitamin C melindungi sel dan membantu menjaga kesehatan.
Sebuah diet seimbang yang mengandung buah-buahan dan sayuran, seperti brokoli, buah jeruk, tomat, paprika, dan blackcurrant, dapat menyediakan semua vitamin C yang Anda butuhkan.
Vitamin E
Vitamin untuk ibu hamil ini dapat membantu membentuk tubuh dan otot serta sel darah merah. Vitamin E terkandung pada minyak sayur, gandum, kacang-kacangan, bayam.
Yodium
Yodium merupakan mineral penting yang dimulai dari makanan yang kita makan. Perkembangan bayi dalam kandungan, bayi dan anak-anak kecil berada pada risiko yang lebih besar dari diet kekurangan yodium. Yodium dibutuhkan dalam jumlah kecil, tetapi penting bagi tubuh manusia. Yodium sangat penting untuk produksi hormon tiroid, yang mengatur suhu tubuh, tingkat metabolisme, reproduksi, pertumbuhan, produksi sel darah dan saraf dan fungsi otot. Hormon tiroid diproduksi di kelenjar tiroid, yang berada di leher.
Ringan sampai sedang kekurangan yodium dapat menyebabkan masalah belajar dan mempengaruhi perkembangan keterampilan motorik dan pendengaran.
Zinc
Zinc merupakan komponen dari beberapa enzim yang membantu menjaga integritas struktural protein dan membantu mengatur ekspresi gen sehingga cukup sangat penting untuk pertumbuhan sel yang cepat yang terjadi selama kehamilan. Rata-rata seng setiap hari selama kehamilan adalah 9 mg / hari, tetapi beberapa wanita membutuhkan sebanyak 11 mg / hari atau lebih. Zinc dapat ditemukan di daging tanpa lemak, biji-bijian, sereal, susu, makanan laut, sayuran dan kacang-kacangan.
Vitamin A dan Beta Carotene
Vitamin untuk ibu hamil dan Beta Carotene dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin A dan Beta Carotene terkandung pada hati, susu, telur, wortel, bayam, sayuran hijau dan kuning, brokoli, kentang, labu, buah-buahan berwarna kuning, melon.
Riboflavin atau Vitamin B2
Mempertahankan energi, penglihatan yang baik, kulit yang sehat. Terkandung pada unggas, ikan, produk susu, sereal yang diperkaya, dan telur.
Niacin atau Vitamin B3
Kulit yang sehat, saraf dan pencernaan makanan. Vitamin B3 terkandung pada makanan tinggi protein, sereal dan roti, daging, ikan, susu, telur, kacang.
Pyridoxine atau Vitamin B6
Membantu membentuk sel darah merah. Vitamin ini terkandung pada ayam, ikan, hati, daging babi, telur, kedelai, wortel, kubis, melon, kacang polong, bayam, gandum, biji bunga matahari, pisang, kacang-kacangan, brokoli, nasi merah, gandum, dedak, kacang tanah, walnut.
Diet Vegetarian dan Diet Khusus Kehamilan
Diet vegetarian bervariasi dan seimbang harus memberikan nutrisi yang cukup bagi Anda dan bayi Anda selama kehamilan. Namun, Anda mungkin akan merasa lebih sulit untuk mendapatkan cukup zat besi dan vitamin B12. Bicaralah dengan dokter atau bidan bagaimana untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang cukup.
Jika vegetarian (semua produk hewani dari diet pendek), atau diet terbatas karena intoleransi makanan (misalnya, diet bebas gluten untuk penyakit celiac) atau karena alasan agama, bicara dengan dokter atau bidan. Harus dirujuk ke ahli gizi untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan bayinya.
Meski begitu, selalu ingat untuk terlebih dahulu menanyakan tiap suplemen yang Anda minum dengan dokter kandungan Anda. Melalui pemeriksaan yang tepat, dokter akan mengetahui vitamin serta mineral apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan janin.
Ingatlah bahwa suplemen kehamilan merupakan pelengkap dan bukan pengganti makanan. Selain itu jangan mengonsumsi vitamin dalam dosis yang terlalu tinggi karena malah dapat berdampak buruk pada Anda dan bayi.

Sumber: http://caraalami.xyz/
 
Last edited by a moderator:
intinya ya makan seimbang aja broo, semua makanan juga sudah mengandung gizi dan vitamin itu,,,

makan daging iya, makan sayur ia, makan buah juga ia, tinggal diatur pola nya sperti gimana, kapan disaat banyak porsi sayurnya, kapan disaat banyak porsi protein nya, dan kapan disaat banyak porsi lemaknya , dan pikiran jangan was was atau terlalu khwatir biar nggak sakit
 
intinya ya makan seimbang aja broo, semua makanan juga sudah mengandung gizi dan vitamin itu,,,

makan daging iya, makan sayur ia, makan buah juga ia, tinggal diatur pola nya sperti gimana, kapan disaat banyak porsi sayurnya, kapan disaat banyak porsi protein nya, dan kapan disaat banyak porsi lemaknya , dan pikiran jangan was was atau terlalu khwatir biar nggak sakit
ya ada benarnya juga sih
 
intinya ya makan seimbang aja broo, semua makanan juga sudah mengandung gizi dan vitamin itu,,,

makan daging iya, makan sayur ia, makan buah juga ia, tinggal diatur pola nya sperti gimana, kapan disaat banyak porsi sayurnya, kapan disaat banyak porsi protein nya, dan kapan disaat banyak porsi lemaknya , dan pikiran jangan was was atau terlalu khwatir biar nggak sakit

bener nih, ya ada baiknya dikasih makanan" pelengkap yang memenuhi gizi si kandungan
 
Back
Top