Tips: Maksimalkan Fungsi Dari Cara Kerja Crumple Zone Pada Mobil Melalui Sabuk Pengaman

Ichijou02

New member
0ac71024ceae44b9b5fa3c5bb8ed211c.png

Crumple zone diciptakan sebagai penyerap energi benturan pada bagian kap mesin, pintu samping dan bagasi mobil Anda. Nah, ada beberapa hal yang bisa Anda coba terapkan untuk memaksimalkan fungsi dari crumple zone ini. Untuk memaksimalkan konsep desain dari crumple zone ini, kendaraan wajib dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Bila terjadi benturan keras saat kecelakaan, maka sabuk pengaman tersebut akan mencegah Anda dan penumpang lain untuk terpental keluar. Sabuk pengaman juga akan memperlambat kecepatan sebelum penumpang atau pengemudi berbenturan secara langsung di dalam mobil. Sistem dari pre tensioners yang ada di dalam mekanisme sabuk pengaman tersebut akan secara langsung mengunci ketika ada hentakan dari sebuah benturan di dalam mobil.

Jika mobil Toyota Anda sudah dilengkapi dengan kantung udara, maka penggunaan dari sabuk pengaman ini bisa semakin dimaksimalkan. Hal ini karena saat kantung udara meletup dalam sebuah benturan, tubuh Anda akan terproteksi dengan adanya kantung udara ini. Bahkan, pada beberapa tipe mobil tertentu, kantung udara tidak akan bekerja atau aktif jika penumpang yang ada di dalamnya tidak menggunakan sabuk pengaman. Untuk itulah selalu dianjurkan bagi pengemudi atau penumpang lain menggunakan sabuk pengaman meski jarak yang akan ditempuh tidak terlalu jauh.

Sabuk pengaman juga akan mencegah tubuh Anda bersentuhan langsung dengan airbag yang bisa membahayakan jika sampai terjadi. Hal ini karena airbag mengandung gas sodium azide yang dapat memperlambat pernafasan tubuh manusia. Apalagi bagi anak-anak yang masih balita, mereka sangat tidak dianjurkan untuk duduk di kursi depan.
 
Back
Top