Saktiawan Curi Satu Poin

Adamsuhada

New member
Indonesia berhadapan dengan Vietnam, Senin, 15 Januari, dalam persaingan babak penyisihan Grup B ASEAN Football Federation Cup (AFF Cup) yang berlangsung di Singapura. Pelatih Indonesia, Peter Withe melakukan sejumlah perubahan dibanding pertarungan pertama sewaktu menang 3-1 atas Laos.

Withe tidak menyertakan Erol F. X. Iba di bek kiri dan Ismed Sofyan di bek kanan. Atep yang pada pertandingan pertama mencetak dua gol juga tidak dimainkan. Sebagai gantinya Agus Indra Kurniawan dipasang sebagai gelandang menyerang. Di depan, nama Bambang Pamungkas digeser oleh Saktiawan Sinaga yang berduet dengan Ilham Jaya Kusuma.

Sementara di kubu Vietnam pelatih Alfred Riedl tidak melakukan perubahan. Komposisi tim yang dimainkannya masih sama seperti sewaktu menahan imbang Singapura pada pertandingan pembukaan grup. Kedua kesebelasan yang sama-sama mengincar kemenangan saling membuka serangan. Indonesia memiliki kesempatan pertama ketika pertandingan baru berlangsung tiga menit.

Kapten tim Indonesia, Ponaryo Astaman melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang tendangannya masih melenceng tipis dari gawang lawan. Vietnam merespons, sundulan Nguyen Minh Phuong masih mampu ditangkap oleh kiper Hendro Kartiko. Mahyadi Panggabean yang bekerjasama dengan Syamsul Bachri, melepaskan tendangan keras yang diblok oleh kiper Bui Quang Huy. Vietnam terus menekan terutama sisi kiri pertahan Indonesia.

Menit ke-35 gawang Indonesia jebol. Berawal dari penetrasi Le Tan Tai di sisi kanan, ia melepaskan sodoran ke jantung pertahanan Indonesia. Cong Vinh dan Thahnh Binh yang menunggu di depan gawang gagal menyambut umpan tersebut tapi Supardi yang mencoba mengantisipasi crossing tersebut malah memasukkan bola ke gawang sendiri. Indonesia tertinggal 1-0. Tertinggal, Indonesia menaikkan tempo permaianan. Tendangan bebas Mahyadi masih mampu ditepis Bui. Demikian pula dengan tendangtan volley dari Agus Indra.

Di babak kedua Indonesia lebih dominan menekan pertahanan lawannya. Ponaryo dan Saktiawan memiliki peluang di awal pertandingan yang belum juga mengahasilkan gol. Vietnam beberapa kali mencoba menambah keunggulannya lewat serangan balik. Withe melakukan perubahan dengan memasukkan Atep dan Bambang Pamungkas. Masuknya kedua pemain tadi menambah daya gedor Indonesia.

Dan hasilnya baru tercipta di penghujung pertandingan. Tendangan bebas Atep dari sisi kanan pertahanan Vietnam disambar Saktiawan lewat sundulan kepala menyilang. Bola berhasil mendarat mulus melewati hadangan kiper Bui. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1. Dengan hasil pertandingan ini Indonesia merengkuh empat poin, sementara Vietnam dua poin.

Susunan pemain Indonesia:
Hendro Kartiko; Firmansyah, Ricardo Salampessy, Supardi, Mahyadi Panggabean; Ponaryo Astaman, Syamsul Bachri (Bambang Pamungkas 76), Agus Indra Kurniawan, Eka Ramdani (Atep 66); Ilham Jaya Kusuma, Saktiawan Sinaga
 
Back
Top