Astra dan Toyota Buat Kebijakan Baru Penataan Distribusi Produk

BellCranel02

New member
bf9f6daf01524565b3d04d33ac7724c6.png

PT Astra International Tbk (Astra) dan PT Toyota Motor Corporation (TMC) melakukan berbagai cara untuk meningkatkan mutu dan kualitas bagi konsumen. Kali ini Astra dan Toyota mengeluarkan kebijakan baru dalam penataan distribusi produk pada konsumen. Hal ini diyakini dapat memperkuat kembali peranan PT Toyota Astra Motor (TAM). Tujuan dari penataan ulang ini adalah untuk membangun jaringan penjualan serta distribusi produk-produk TAM agar lebih kompetitif dan efisien. Tak hanya itu, dengan adanya kebijakan baru dalam penataan distribusi produk ini, operasional logistic bias dilakukan lewat manajemen yang terpusat.

Produk Toyota selama ini didistribusikan melalui lima diler utama TAM. Kelima diler tersebut bertugas melakukan penjualan produk Toyota pada konsumen dan juga menyalurkannya ke sub-diler yang juga melayani pembelian konsumen. Kebijakan baru yang diterbitkan Astra dan Toyota terkait dengan proses penjualan dan distribusi ini adalah dengan cara mengintegrasikannya ke dalam TAM. Jadi, seluruh proses operasional akan ditangani langsung oleh TAM. Suparno Djasmin, Direktur Astra International, menjelaskan bahwa inisiatif dan upaya bersama diatas menjadi bukti filosofi bersama antara TMC dan Astra sebagai upaya untuk terus melakukan perbaikan dan mempererat hubungan Astra-Toyota yang terjalin selama lebih dari 40 tahun.

Lebih lanjut, penanggung jawab bisnis Toyota ini jugapercaya bahwa dengan adanya kebijakan baru tersebut dapat memperkuat posisi Toyota sebagai pemimpin pasar di Indonesia. Ditilik dari perspektif laba bersih konsolidasi Grup Astra, kebijakan baru mengenai penataan distribusi produk ini tidak hanya berdampak dalam jangka pendek saja. Dengan adanya pengalihan distribusi dari diler-diler ke TAM sebagai pusat operasional, hal ini dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Meskipun penataan ulang ini masih dilakukan secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan, seluruh pihak berharap pelaksanaan integrasi distribusi di pusat ini bias selesai di awal tahun 2016. Tak hanya bagi kepentingan Astra dan Toyota, kebijakan baru dalam penataan distribusi produk Toyota diharapkan dapat memberikan manfaat serta keuntungan bagi para konsumen setia Toyota.
 
Back
Top