shalat tarawih sendiri dirumah

ismailcmile

New member
assalam wr. wb
mau nanaya ni
kalau kita sholat taraweh sendiri dirumah 11 rakaat, nah bacaan yang boleh pas jeda antar rakaat itu bacaan yg bagaimana ??
 
assalam wr. wb
mau nanaya ni
kalau kita sholat taraweh sendiri dirumah 11 rakaat, nah bacaan yang boleh pas jeda antar rakaat itu bacaan yg bagaimana ??

Hukum mengenai masalah tarawih, bahwa shalat tarawih hukumnya sunah dengan sepakat ulama… dan boleh dikerjakan sendiri maupun berjamaah. (al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 4/31)

Namun praktek para sahabat yang dilakukan sejak zaman Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu hingga sekarang, shalat tarawih berjamaah sudah menjadi bagian dari syiar islam dan kaum muslimin.

Seringkali kita mendapati jamaah salat tarawih membaca doa tertentu setiap selesai salam. Terkait hal ini tidak ada riwayat yang membenarkan adanya doa tersebut. Yang diajarkan oleh Rasulullah hanyalah doa setelah salat witir.

Mengenai doa yang dibaca setelah salat witir, kita bisa melantunkan bacaan sebagai berikut:

للَّهُمَّ إِني أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ ، وَبِـمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَـتِكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ ، أَنْتَ كَمَا أَثْــــنَــــيْتَ عَلَى نَــــفْسِكَ

“Ya Allah, aku berlindung dari kemurkaan-Mu melalui ridha-Mu, aku berlindung dari hukuman-Mu melalui permaafan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak bisa menyebut semua pujian untuk-Mu, sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri.”

سُبْحَانَ الـمَلِكِ القُدُّوْسِ

“Mahasuci Dzat yang Maha Menguasai lagi Mahasuci.” (H.r. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani)



~dari berbagai sumber
 
Back
Top