Ajak si Kecil Berkemah, Yuk!

tukangkayu69

New member
camping-1_1933060b.jpg


Halo para orangtua! Selain menghabiskan waktu bersama dengan keluarga anda dengan berjalan-jalan ke shopping mall atau luar kota, anda juga bias mengenalkan anak-anak anda kepada kegiatan berkemah. Berkemah adalah satu satu cara bagi anda mengenalkan cinta dan kasih terhadap alam kepada anak-anak anda. Banyak sekali hal-hal positif yang akan diperoleh anak melalui kegiatan berkemah ini. Ada lima manfaat utama dari kegiatan berkemah anak yang wajib anda ketahui.

1. Melatih Keberanian dan Disiplin Pada Anak

Ada banyak jenis perkemahan, biasanya selain perkemahan pribadi, seko;ah juga akan mengadakan perkemahan untuk setiap siswanya. Tinggal terpisah dari orang tua mungkin bukan hal yang mudah bagi sebagian anak untuk mengikuti kegiatan alam ini. Disamping keberanian pada anak dapat terasah, anak juga belajar tentang memimpin dan dipimpin. Terlebih lagi kedisiplinan, anak akan dituntut untuk disiplin mengikuti agenda yang telah disiapkan, dari tidur, bangun, makan, mandi, dan menyelesaikan tugasnya tepat pada waktunya. Keberanian dan disiplin merupakan awal dari kemandirian.

2. Melatih Adaptasi Anak

Anak yang dibiasakan untuk mengikuti kegiatan alam seperti ini biasanya akan terlihat lebih supel dan ramah, disamping itu ia akan memiliki kemampuan beradapatasi dengan lingkungan dan teman-teman barunya dengan lebih baik. Ini sangat baik untuk menghindarkan anak dari sifat yang terlalu pemalu dan tidak percaya diri.

3. Melatih Anak Menghadapi Tantangan

Dari kegiatan perkemahan, anak akan mendapatkan banyak sekali tantangan dan hal-hal baru. Proses bagaimana anak menemukan jalan keluar serta menyelesaikan tahapan demi tahapan permasalahan dengan baik adalah awal dari proses tumbuh kembang karakter yang sehat.

4. Mengajarkan Anak Pentingnya Bekerja Sama

Banyak hal di dalam kegiatan berkemah dilakukan secara bersama-sama, misalnya mendirikan kemah, mengumpulkan kayu bakar untuk perapian, dan menyiapkan bahan makanan. Saat terjadi suatu masalah, maka semua peserta harus membahasnya bersama untuk mencari cara yang tepat memecahkan masalah. Disini kemampuan anak untuk bersosialisasi juga dapat terasah dengan baik.

5. Mengendalikan Emosi yang Berlebihan

Karena semua yang dilakukan di perkemahan untuk tujuan dan kepentingan umum, mau tidak mau, anak akan melatih untuk mengendalikan emosi dan egonya, seperti perasaan takut yang berlebihan, perasaan rindu orang tua yang berlebihan, atau mungkin rasa kepemimpinan yang terlalu berlebihan.

Membiarkan anak berada di alam dan ruang terbuka dapat mendorong rasa penasaaran anak untuk menggali pengetahuan tentang apa saja yang ada di sekitarnya. Selain itu, anak akan belajar bekerja sama dengan orang lain, belajar bagaimana cara membuat tempat peristirahatannya sendiri, dan menyiapkan kebutuhan sendiri. Berkemah juga baik untuk merangsang kecerdasan natural anak. Sangat menarik. kan?

 
Last edited:
setuju banget nih dengan thread den tukangkayu
selain mereka bbisa bersenang" juga bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka
 
1. Melatih Keberanian dan Disiplin Pada Anak
2. Melatih Adaptasi Anak
3. Melatih Anak Menghadapi Tantangan
4. Mengajarkan Anak Pentingnya Bekerja Sama
5. Mengendalikan Emosi yang Berlebihan
Jika ada sekolah yang menggunakan pola mengajarnya seperti ini
Inilah contoh" sekolah yang benar melatih Motorik dan EQ si anak
bagus sekali, jangan selalu melatih IQ saja tanpa melatih Motorik dan EQ si anak
Dengan begitu kan IQ dan EQ si anak akan imbang
SETUJU !!
 
Back
Top