Apa Pengertian Globalisasi

Status
Not open for further replies.

kultwi

New member
Kata globalisasi sebetulnya adalah serapan dari bahasa asing yakni bahasa Inggris globalization. Kata globalization sendiri datang dari kata global yang bermakna universal yang memperoleh imbuhan -lization yang dapat dimaknai sebagai sistem. Jadi dari asal mula tuturnya, globalisasi dapat disimpulkan sebagai sistem penyebaran unsur-unsur baru baik berbentuk info, pemikiran, pola hidup ataupun tehnologi dengan cara mendunia.

Globalisasi disimpulkan sebagai satu sistem di mana bata-batas satu negara jadi makin sempit lantaran kemudahan hubungan pada negara baik bersifat pertukaran info, perdagangan, tehnologi, pola hidup serta bentuk-bentuk hubungan yang lain.

Globalisasi dapat juga dimaknai sebagai sistem di mana pengalaman kehidupan keseharian, beberapa inspirasi serta info jadi standard di semua dunia. Sistem itu disebabkan oleh makin canggihnya tehnologi komunikasi serta transportasi dan aktivitas ekonomi yang merambah pasar dunia.

Seperti dua mata koin yang tidak sama, globalisasi menawarkan keuntungan yang begitu besar dalam perkembangan perekonomian satu negara namun disisi lain ada pula damapak negatif yang diakibatkan seperti lunturnya budaya mulia lantaran seruban budaya baru dari luar.

Pengertian Globalisasi Menurut Beberapa Ahli
Selanjutnya berikut ini adalah pendapat beberapa pakar yang coba mendeskripsikan globalisasi, salah satunya :

1. Selo Soemardjan

Globalisasi yaitu satu sistem terbentuknya system organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia. Arah globalisasi adalah untuk mengikuti system serta beberapa peraturan tertentu yang sama umpamanya terbentuknya PBB, OKI

2. Achmad Suparman

Globalisasi yaitu satu proses jadikan suatu hal benda atau tingkah laku sebagai ciri serta tiap-tiap individu didunia ini tampa dibatasi oleh lokasi.

3. Thomas L. Friedman

Globalisasi mempunyai dimensi idiology serta teknologi. Dimensi teknologi yakni kapitalisme serta pasar bebas, sedang dimensi teknologi yaitu teknologi info yang sudah menjadikan satu dunia.

4. Malcom Waters

Globalisasi yaitu satu sistem sosial yang menyebabkan kalau pembatasan geografis pada kondisi sosial budaya jadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang.

5. Dr. Nayef R. F. Al-Rodhan

Globalisasi yaitu sistem yang mencakup penyebab, masalah, serta konsekwensi dari integrasi transnasional serta transkultural aktivitas manusia serta non-manusia.

6. Emanuel Ritcher

Globalisasi yaitu jaringan kerja global dengan cara berbarengan menyatukan orang-orang yang diawalnya terpencar – pencar serta terisolasi ke dalam saling ketergantungan serta persatuan dunia.

7. Anthony Giddens

Globalisasi sebagai ‘intensifikasi jalinan sosial semua dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa hingga peristiwa lokal dibuat oleh momen yang berlangsung bermil-mil jauhnya serta sebaliknya’.

8. Martin Albrown

Globalisasi menyangkut semua sistem di mana masyarakat dunia tersambung kedalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

9. Princenton N. Lyman

Globalisasi yaitu perkembangan yang amat cepat atas saling ketergantungan serta jalinan antara Negara-negara di dunia dalam soal perdagangan serta keuangan.

10. Laurence E. Rothenberg

Globalisasi yaitu percepatan serta intensifikasi interaksi serta integrasi antara beberapa orang, perusahaan, serta pemerintah dari negara yang tidak sama.

11. Scholte

Akibat Globalisasi
disimpulkan sebagai meningkatnya jalinan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetaplah menjaga jati dirinya masing-masing, tetapi jadi makin bergantung keduanya.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top