Cara mengatasi BSOD pada PC atau laptop anda

renimaurina

New member
BSOD atau blue screen sering terjadi pada komputer atau laptop anda? berikut merupakan tips yang mungkin dapat anda jadikan pertolongan untuk blue screen.
Blue screen merupakan permasalahan yang sering ditemukan pada laptop , Blue Screen juga dikenal sebagai laptop yang freeze secara tiba-tiba dan juga dikenal berbagai istilah seperti: ,Blue Screen , Blue Screen of Doom , BSOD , Bug dan lain sebagainya.

Anda harus sesegera mungkin memeriksa Screen laptop anda begitu terjadi BSOD. Kemungkinan besar bahwa tentunya Anda pernah mendengar atau melihat Blue Screen of Death .

Blue Screen of Death adalah jenis error yang terburuk dari jenis-jenis kesalahan yang dapat diketemukan pada komputer atau laptop. sering terjadi pada harga laptop yang atau komputer yang mahal sekalipun.

Tidak seperti crash lain seperti kecelakaan aplikasi , yang tidak menurunkan atau benar-benar mempengaruhi seluruh sistem . Blue Screen of Death adalah hasil dari tingkat rendah adanya error pada software atau hardware yang rusak dan tentunya mempengaruhi seluruh sistem .


Penyebab Blue Screen of Death (BSOD)
Blue Screen of Death disebabkan oleh masalah perangkat keras atau konflik atau masalah dengan perangkat lunak tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Sebuah layar biru juga dapat terjadi ketika Windows menemukan "STOP ERROR " kegagalan kritis ini menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja . Satu-satunya hal Windows dapat lakukan adalah menghentikan komputer dan restart .

Proses ini dapat menyebabkan kehilangan data , karena program tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data mereka terbuka . Biasanya , program harus terus menyimpan data mereka sehingga layar biru kematian atau jenis kesalahan tidak akan mengakibatkan hilangnya data.

Ketika layar biru terjadi , Windows secara otomatis membuat file "mini Dump " yang berisi informasi tentang kecelakaan itu dan menyimpannya ke disk Anda . Anda dapat melihat informasi tentang ini dumps mini untuk membantu mengidentifikasi penyebab layar biru .

Memperbaiki Blue Screen of Death
Jika Anda hanya memasang hardware baru , Blue Screen of Death mungkin dapat disebabkan oleh driver yang salah . Untuk memperbaiki masalah ini booting Windows ke Safe Mode ( dengan menekan F8 sebelum logo Windows muncul ) . Dalam Safe Mode , pergi ke Control Panel > System> Hardware Manager untuk meng-uninstall perangkat.

Penyebab lain dari Blue Screen of Death adalah RAM rusak , komputer mencoba untuk boot dari CD yang korup dan capacitators buruk pada motherboard , meskipun hal ini sangat jarang . Blue Screen of Death juga dapat terjadi karena file korupsi . Untuk memperbaiki boot dari CD instalasi Windows dan pergi ke Recovery Console . Dari baris perintah run chkdsk / r untuk memperbaiki kesalahan file . Setelah chkdsk selesai, keluar dari Recovery Console dan coba restart komputer .

Bahkan jika Sistem Operasi tampaknya mulai normal sekarang tanpa masalah , Anda masih perlu untuk menjalankan program hard drive produsen diagnostik untuk memeriksa kesalahan hardware .

Jika Windows berjalan tetapi hard drive gagal tes, maka itu berarti bahwa Anda perlu untuk mendapatkan hard drive baru . Chkdsk hanya memiliki put sementara terus pada masalah asli dan Blue Screen of Death kesalahan berhenti akan kembali . Jika setelah menjalankan chkdsk Windows masih crash dengan Blue Screen , tapi laporan program diagnostik menunjukkan bahwa hard drive yang baik , maka hard disk dapat digunakan lagi.

Dalam hal ini , Anda harus terlebih dahulu memulihkan data . Setelah itu , jalankan program instalasi Windows, menghapus partisi dan memformat hard drive. Jangan gunakan " format cepat " pilihan . Menghapus partisi dan memformat hard drive menghapus semua data pada drive dan proses ini rectifies masalah.

Semoga berguna ....

Sumber
 
Dulu semasa kerja di ruang pengap sering ngalamin. AC lagi dipinjem yg punya!
masalahnya cuma karena suhu sekitar yg terlalu panas, menyebabkan procy panas kerjanya lambat disamping hdd juga panas(magnetis disk melemah) proses baca tulis jadi mburadul.
Solusi:
- buka casing kasih wayer.
- pasang app monitor suhu hdd+procy. kalo bunyi beep langsung istirahat.(step di 60*C)
- pakai desktop yg jauh diatas kriteria. (core2duo ram 4GB os xp32bit biar ringan)
- sebelum kerja baca mantra khusus!
....
aman2 ga pernah kehilangan data/waktu.

- n1 -
 
Back
Top