5 Cara Orangtua Dalam Memantau Sekolah Anak

Status
Not open for further replies.

tukangkayu69

New member
fatherreadingtochildren.jpg

Halo warga Indonesia, apa kabar? Kali ini kami memiliki tips untuk orangtua di dalam memantau sekolah anak. Orangtua harus rutin memantau sekolah anak untuk mengontrol perkembangan belajar dan lingkungan belajar anak. Mari kita lihat tips di bawah ini.

Parents! Bagaimana cara anda untuk memastikan bahwa kualitas pengajaran di sekolah anak anda sudah cukup baik? Selain anda harus mengenal wali kelas dan guru-gurunya, anda juga harus memperhatikan detail dari manajemen kelasnya juga. Apa sajakah itu?

1. Aturan Kelas
Biasanya, setiap guru dari pelajaran akan memberikan daftar silabus mengenai detail yang akan dipelajari dan aturan kelas yang perlu disepakati selama semester kelas berlangsung. Anda dapat meminjam daftar ini dari anak anda dan pelajari karakter guru serta pola pengajarannya.

2. Cara Mengajar
Pola didik yang satu arah seperti jaman dahulu tidak lagi sesuai untuk diterapkan kepada murid di era sekarang ini. Guru di sekolah modern akan cenderung lebih luwes di dalam menangani muridnya. Anda bisa bertanya kepada anak anda tentang pola ajar dari guru-gurunya. Apakah tugas yang diberikan terlalu memberatkan, ataupun kelas dirasa kurang kondusif. Kemudian, anda bisa konsultasikan hal ini dengan konseling sekolah.

3. Kebiasaan Guru di Dalam Mengajar
Tidak peduli sebaik apapun kualitas guru, kebiasaan guru di dalam mengajar sangat mempengaruhi respon anak terhadap pelajaran dan bagaimana anak mengevaluasi dirinya sendiri. Bagaimana pujian atau hukuman terhadap perilaku anak oleh guru? Walaupun hal ini tergantung kepada perilaku anak disekolah, respon guru di dalam menangani hal tersebut sangat krusial. Guru adalah orangtua kedua bagi anak, jadi pastikan pengajarannya berjalan produktif, ya!

4. Tugas Kelas
Disamping cara mengajar dan kebiasaan mengajar dari guru, anda juga perlu mengevaluasi tugas-tugas sekolah yang diberikan di pelajaran tersebut. Tugas yang cenderung berlebihan biasanya akan membuat anak cenderung jenuh di dalam menyerap ilmu dari pelajaran tersebut. Ini akan membuat pelajarannya menjadi tidak efektif dan tidak produktif. Walaupun hal ini berkaitan dengan pola ajar, sebisa mungkin anda harus mengerti tujuan dan karakter guru di dalam menangani kelasnya. Sehingga anda akan mengerti kualitas pengajaran dari sisi anak dan sisi guru.

5. Keterbukaan Guru Terhadap Orangtua
Guru yang baik tidak hanya memiliki system pengajaran yang sempurna, tapi juga keterbukaan perspektif terhadap aspek pendidikan yang lainnya. Jika memungkinkan, anda bisa berkonsultasi dengan guru sekolah anak anda, dan menanyakan tentang perkembangan dari sang anak. Terkadang anak tidak akan menyerap semua ilmu dari mata pelajaran dengan sama. Anak akan mendapati beberapa pelajaran lebih sulit dari yang lain. Ini adalah momen bagi anda untuk melakukan konsultasi dengan guru terkait mengenai kemampuan anak anda.

Semoga lima tips di atas dapat membantu anda lebih peka dan mengenal sistem pendidikan yang diberikan oleh guru di sekolah anak anda. Di sela-sela kesibukan anda, pastikan anda sempatkan waktu untuk bertemu dan berbincang-bincang dengan guru anak-anak anda. Selain membantu guru untuk lebih mengenal karakter anak didiknya, anda juga bisa memantau perkembangan didik anak di sekolah dengan lebih spesifik.

Nah itu dia tipsnya dan saran dari kami, sebagai orangtua sudah sepantasnya harus memperhatikan kualitas pendidikan anak. Salah satu program yang diberikan Sampoerna Schools System yaitu Anda bisa konsultasi dengan pakar pendidikan untuk informasi yang obyektif tentang pilihan sekolah terbaik untuk anak. Sekian dulu tips parenting kali ini. Bila ada cara lain yang lebih efektif silahkan share juga ya.Selamat mencoba, Parents!
 
Last edited:
perlu banget untuk memantau sekolah anak agar kita sebagai rang tua bisa tetap tau tumbuh kembangny anak dan melihat sosialisasi sang anak di luar rumah.
 
Biasanya, di awal tahun ajaran baru atau awal semester, ada pertemuan antara guru dan wali murid. Itulah saatnya wali murid tau, apa aja yg akan dilaksanakan selama satu semester..
 
Biasanya, di awal tahun ajaran baru atau awal semester, ada pertemuan antara guru dan wali murid. Itulah saatnya wali murid tau, apa aja yg akan dilaksanakan selama satu semester..

nilai rapor ada juga tertera catatan wali kelas tentang kekurangan sang anak dan kelebihannya serta anjuran pada orang tua
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top