Kenapa Anda Harus Melakukan Testing Pada Software? Ini Dia Alasannya.

agungpras

New member
QUADRA SOLUTIONS – Testing Tool Setiap software atau aplikasi yang telah berhasil dibuat oleh suatu tim pengembang sangat perlu dibuatkan program untuk instalasinya (Set-up Disk).

Pengembang harus membuat atau menggunakan program khusus yang digunakan untuk paket instalasi, agar program instalasi tersebut menjadi lebih baik.

Testing sendiri memiliki arti elemen kritis dari jaminan kualitas perangkat lunak dan merepresentasikan kajian pokok dari spesifikasi, desain, dan pengkodean. Pengujian pada software haruslah didefinisikan dalam proses rekayasa perangkat lunak atau bisa juga menggunakan software engineering.


Salah satu pengujian yang harus Anda lakukan kepada software atau aplikasi adalah pengujian kepada program instalasinya yang dibuat untuk software tersebut. Pengujian ini memiliki maksud untuk memastikan apakah aplikasi atau software yang telah dibuat dapat dengan mudah dipasang di komputer pangguna atau tidak dan dapat berfungsi dengan normal. Testing Tool pada software ini dapat Anda lakukan dengan cara manual ataupun otomatis.

Berikut ini adalah 3 alasan utama anda perlu melakukan testing pada software baik otomatis ataupun manual.

Apapun bisa terjadi. Sebelum Anda memeriksa atau melakukan testing pada software atau aplikasi yang telah dibuat, ingatlah bahwa kesalahan atau kekurangan dapat saja terjadi. Tentu saja Anda tidak ingin software atau aplikasi yang telah dibuat tidak berfungsi dengan normal bukan?

Aplikasi baik saja tidak cukup, aplikasi Anda harus yang terbaik. Ingat juga bahwa bisnis yang selalu menghadirkan produk dalam hal ini aplikasi atau software, terbaik yang terbaik itu selalu dicapai setelah perjalanan yang panjang dengan berbagai macam pengujian.

Kepuasan end user adalah segalanya. Tentu Anda tidak pernah tahu bagaimana pengguna akan mencoba untuk melihat dan menggunakan software atau aplikasi Anda. Pengujian yang Anda lakukan dapat membantu meyakinkan Anda dan tentu saja akan memberi kepuasan terhadap pengguna software Anda bahwa yang iya gunakan itu sesuai dengan harapan.

Dalam pengujian yang akan dilakukan, Anda tidak perlu binggung untuk menentukan siapa yang akan menjadi pengujinya. Karena Anda sendirilah yang dapat meguji sendiri untuk pertama kalinya. Ingatlah bahwa Process software testing adalah process yang sangatlah penting dalam dunia perangkat lunak.

Kenapa? karena dengan menerapkan process ini dalam alur pengembangan software yang Anda ciptakan, maka Anda dapat menjamin kualitas dari software yang kita buat (setidaknya dalam hal pemenuhan functional requirement) sehingga nanti sesampainya di tangan end-users tidak ada lagi bugs atau tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya ketika software atau aplikasi tersebut dijalankan.

Source
 
Back
Top