Teknik Mengembangkan Adonan Roti Dengan Proofer

jejesos

New member
Proofer merupakan salah satu mesin roti yang bisa dibilang mempunyai peran paling penting dalam proses pembuatan adonan roti dan kue. Fungsi mesin proofer sendiri bisa dibilang cukup fungsional, karena selain bisa di gunakan untuk mengembangkan Adonan Roti / kue, mesin proofer sendiri bisa digunakan untuk proses pembuatan minuman seperti Yoghurt ataupun susu olahan.


Peru di ketahui bahwa pada saat pembuatan adonan roti di butuhkan proses fermentasi, nah proses fermentasi ini menggunakan bahan makanan berupa ragi..ragi ini lah yang menjadi factor penting apakah adonan roti anda akan mengembang sempurna atau tidak. Ragi sendiri merupakan salah satu makanan yang mengandung Mikroorganisme Hidup yang dimana berkembang biak melalui proses pemakanan Glukosa dalam bahan makanan. Teorinya cukup sederhana bahwa adonan roti akan berkembang di karenakan ragi menghasilkan gas karbon di dalam adonan roti, untuk membuat/menghasilkan gas karbon maka di butuhkan suhu ideal 30-40 derajat celcius dalam kondisi yang stabil dan mempunyai tingkat kelembapan ruangan sebanyak 70-80 persen kadar air.

Saat ini banyak sekali orang yang memanfaatkan cara kuno untuk teknik pengembangan roti, hanya dengan bermodalkan wadah kosong yang di tutup dengan kain kering selama kurang lebih 1-2 jam apakah bisa membuat adonan rotinya mengembang? Ya tapi tidak akan pernah sempurna. Nah oleh karena itu dibutuhkan suatu mesin roti yang dapat membuat adonan mengembang sempurna tetapi dengan waktu yang cukup singkat namun pengerjaan dan kondisinya stabil hingga saat di panaskan.

Mesin proofer roti manual sendiri memang di desain untuk melakukan hal tersebut (mengembangkan adonan), mesin proofer mampu menghasilkan karbondioksida yang terperangkap di dalam jaringan gluten dalam adonan roti tanpa kendala apapun. Dengan daya listrik yang hanya berada di kisaran 300-400 watt, mesin proofer dapat melakukan pekerjaan tersebut untuk anda. Cara pengoperasian Proofer roti manual sendiri sangatlah mudah, cukup menghubungkan mesin proofer ke kontak listrik lalu mengisi wadah heater dengan air setelahnya masukan adonan kedalam ruang proofer. Tinggal tunggu proofer mengembun maka bisa dibilang adonan roti anda dalam proses pengembangan sempurna.

Sangat sederhana bukan?
 
Back
Top