Mengenal tari seudeti aceh dan sejarahnya

wiroja

New member
Mengenal tari seudeti aceh dan sejarahnya. Pembaca sekalian tahukah anda akan sejarah dan keindahan tari seudeti aceh? Bagi anda yang sudah mengerti anda tentu setuju dengan penyataan saya bahwa tari seudeti merupakan tari khas aceh yang sangat indah sekali. Bagi anda yang belum tahu anda kamai ajak untuk membaca artikel saya di bawah ini dimana kita akan membahas tentang keindahan serta keunikan dan juga sejarah tari tarian khas aceh yang banyak digemari sejak jaman dahulu kala sampai saat ini. Tari khas daerah yang satu ini memang benar benar istimewa.

Tari seudati khas aceh

Bila kita tengok ke belakang kita akan tahu bahwa tari ini memiliki sejarah yang sangat poanjang. Trai sedudati sebenranya sudah ada sejak sebelum jaman penjajahan. Namun dmeikian tarian ini belum di namakan tari sedate. Meski demikian pada jaman dulu tarian ini snagat di sukai. Berulah ketika agama islam masuk aceh tari ini semakin popular. Shekh Tam Dari desa Gigieng adalah ulama islam yang merubah gerakan tariasli rakyat aceh ini. Setelah di gubah tarian ini ternyata semaikn indah dan semakin banyak di gemari oleh banyhak orang. Shek Tam kemudian manamai tarian ini ndnegan tari seudati dimana kata ini di ambil dari kata Syahadatain. TTarian ini di gunakan oleh beliau untuk menyiarkan agama islam di tanah acah. Demikian berlangsung snagat lama kemudian datanglah oenjajah belanda. Garakan gerakan yang rancak pada tari aceh ternyata bisa menimbulkan semangat juang yang tuingi bagi anak mudah aceh. Hal ini membuat pihak penjajah belkanda merasa khawatir. Oleh karena itu pemerintah poanjajah mengeuarkan aturan bahwa tarian ini tidak boleh di tampilkan lagi. Ini merupakan suatu kemunduran tentunya. Nah ketika Indonesia sudah meredeka tarian seudati bisa di tampilkan kembali. Saat ini tari seudati masih banyak dan sering di tampilkan di banyak acara di tanah aceh

Pembaca semua itulah ulasan tari seudati yang kami sampaikan kepadaanda. Semoga apa yang sudah di sampikan bisa berguna dan bermanfaat bagi semua para pembaca di seluruh nusantara. Semoga tarian yang telah memiliki sejarah panjang ini bisa selalu lestari selamanya sehingga bisa kita wariskan kepada anak cucu kita.
 
Back
Top