Setujukah Cara penggemukan sapi

Status
Not open for further replies.

neo1024

New member
Ciri-ciri dari sapi bali persis seperti banteng, dengan ciri yang untuk sapi jantan memiliki warna hitam, sedangkan untuk yang sapi betina berwarna sawo matang kemerah-merahan.

Begitu pula populasi sapi bali di Indonesia yang bisa dibilang sangat baik karena masih banyak yang membudidayakannya, terutama di wilayah asalnya yaitu Bali.

Di Pulau Bali, jenis sapi ini bukan hanya dimanfaatkan untuk produksi daging saja, tetapi dimanfaatkan juga untuk membajak sawah, menarik gerobak, dan sebagai sumber pupuk alami pertanian menggunakan ampas dari kotorannya.

Banyak sekali pembudidaya sapi potong yang membudidayakan jenis sapi bali, hal ini karena sapi bali memiliki tulang yang kecil namun memiliki daging yang begitu tebal.

Sapi bali merupakan hewan asli Indonesia, yang dahulunya merupakan seekor banteng yang mengalami beberapa perubahan karena pengaruh persilangan antara sepsiesnya dengan jenis sapi yang lain.

Sapi bali sangat cocok sekali untuk usaha penggemukan sapi potong, namun kamu juga harus tahu bagaimana cara menggemukan sapi bali tersebut.

Nah dibawah ini ada beberapa langkah dan cara bagaimana menggemukan sapi bali, langsung simak aja yuk.

Daging sapi bali memiliki tingkat persentase yang berlebih jika dibandingkan dengan sapi jenis lainnya, contohnya sapi Jawa.

Selain itu, jenis sapi ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat hindu di Bali untuk upacara keagamaan sebagai lambang pembersihan diri.

Masyarakat Indonesia, sejak dahulu kala sudah menjadikan sapi bali sebagai hewan ternaknya.

Sapi bali atau yang dikenal dengan nama latinnya Bos sondaicus merupakan sapi yang terdapat di wilayah Jawa, Lombok, dan Bali.

Pemilihan Bakalan Sapi

Untuk pemberian pakan marginal 3 kali sehari, dan usahakan untuk menggunakan pakan olahan low satu kali sehari. Serta, lebih memperbanyak pakan hijaunya.

Ada satu lagi nih, untuk tata letak kandangnya kalau bisa yang mudah untuk dijangkau dengan baik, sehingga proses penggemukannya tidak ada masalah ataupun kendala.

Kandang Untuk Keraman Sapi.

Memilih bakalan sapi unggul untuk penggemukan haruslah sapi jantan, dengan umur 1-2 tahun dengan memiliki bentuk badan panjang dengan kaki pendek serta memiliki dada lebar dan dalam.

Ciri-ciri diataslah yang merupakan standar pemilihan bakalan sapi bali yang cocok untuk proses penggemukan.

Dalam proses penggemukan sapi, kamu harus sangat memperhatikan kualitas pakannya. Mengapa? Karena akan penting sekali, supaya pertumbuhan sapi tepat sesuai yang diharapkan.

Memilih bakalan sapi bali haruslah jeli, karena banyak sekali jenis sapi yang memiliki tubuh yang kurang sehat maupun cacat.

Pastikan juga kuku sapi tidak panas saat kamu raba. Selain itu, pilihlah juga sapi yang tidak mempunyai permasalahan pada duburnya.

Untuk pakan hijau meliputi rumput benggala, rumput raja, rumput gajah, dan jenis rumput hijau lainnya.

Tahap Panen Sapi.

Mengapa? Hal ini dikarenakan supaya tidak terjadi persaingan antara satu sapi dengan sapi yang lainnya.

Namun, jika belum 6 bulan sapi tersebut sudah sesuai dengan aim at yang dicapai, maka kamu bisa menambah penggemukannya di sisa waktu tersebut, supaya bobot sapi bisa melebihi aim at yang diharapkan.

Buatlah satu kandang hanya untuk satu sapi saja, walaupun sekirannya hanya dengan ukuran yang minim.

Pemberian Pakan Sapi.

Selain itu, carilah tempat yang tidak dekat dengan pemukiman masyarakat, supaya sapi tidak terlalu stres dengan lingkungan sekitarnya.

Nah, cara untuk memilih bakalan sapi unggulan adalah, coba lihat pada bagian hidungnya, dan pastikan tidak terdapat lendir pada hidung sapi.

Solusinya adalah penggemukan sapi bali, karena merupakan salah satu faktor yang dapat membantu untuk pasokan daging sapi di pasaran.

Pastikan terlebih dahulu kandang sapi telah siap, atau setidaknya telah diperbaiki dan layak untuk tempat nantinya, tentunya sebelum membeli bakalan sapi.

Nah, jenis pakan yang kedua adalah pakan olahan atau konsentrat, contohnya seperti bekatul, gaplek, ataupun obat konsentrat khusus untuk penggemuk sapi.

Panen sapi bali pada umumnya sama halnya dengan sapi yang lainnya, yaitu low 6 bulan. Yang mana setiap harinya word play here permintaan akan daging sapi terus meningkat.

Diantaranya ada 2 jenis pakan sapi yang sangat baik untuk penggemukan, yaitu pakan hijau dan pakan olahan.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top